Komisi I DPRD Kota Banjarmasin Sebut Cafe Dengan Musik Masuk Kategori THM

hallobanua.com, Banjarmasin - Adanya cafe yang diduga operasional di malam Jum'at dengan menyajikan live musik keras,  mengundang reaksi Komisi I DPRD Kota Banjarmasin. 

Pengelola Cafe, berikut Satpol PP, Camat, Lurah dan Dinas Pariwisata turut diundang ke DPRD Kota Banjarmasin untuk mengkonfirmasi pelanggaran tersebut. 

"Pengelola Cafe mengakui kesalahannya malam itu yang membuka cafe malam jumat dengan live musik, "tutur Ketua Komisi I, Saut Nathan Samosir, Senin (4/10/21). 

Pihak pengelola juga mengakui bahwa telah menerima surat edaran dari satpol PP yakni Perda nomor 14 tahun 2017 tentang THM yang tak boleh ada live musik di malam Jum'at atau malam keagamaan. 

"Mereka mengakui kelalaiannya karena surat edaran dari satpol PP tidak dilaksanakan dengan baik, "ujarnya. 

Kejadian ini menurut Samosir, menjadi pelajaran bagi pengelola bisnis kuliner seperti cafe, restoran, rumah makan, warung atau apapun sejenisnya. 

Pasalnya, dalam pengertian perda nomor 14 tahun 2017, ada ketentuan yang bisa dikatakan masuk dalam kategori THM. Diantaranya membunyikan musik baik live atau rekaman serta tampilan penerangan yang remang-remang.

Kategori itu bisa ditemukan bukan hanya diskotik namun juga pada cafe, restoran bahkan karaoke saat ini sehingga dimasukkan dalam kategori tempat Hiburan atau yang umum disebut THM. 

"Jadi bisa dikategorikan THM jika Rumah Makan, restoran, cafe hingga warung makan yang mereka menyajikan pula musik hidup, jadi hanya diskotik saja masuk THM,"jelasnya. 

Sementara, Satpol PP Banjarmasin diwakili Mulyadi mengatakan bahwa Beluga merupakan cafe namun yang salahnya malam itu mereka menyajikan live musik di malam Jum'at. 

"Mereka juga telah peringati sebelumnya terkait Perda nomor 14 tersebut, namun ternyata tak mencermati sehingga melanggar aturan malam Jum'at di kota ini, "ujarnya yang akan mengawasi lagi cafe dan restoran lainnya. 

Sementara pihak pengelola Beluga juga mengakui kelalaiannya. 

"Kami berjanji tidak ada live musik atau tanpa musik di malam Jum'at, kami mengikuti aturan saja, "tutur Dimas. 

dya/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!