Lahan Kosong Dijadikan TPS Ilegal, DLH Langsung Pasang Spanduk Larangan

hallobanua.com, Banjarmasin – Keberadaan TPS illegal di Kawasan Taman Siring 0 Km Banjarmasin, Jl. Jendral Sudirman, Antasan Besar, Banjarmasin Tengah, disikapi langsung oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dengan memasang spanduk larangan membuang sampah di lokasi tersebut.

"Kita memang beberapa kali memasang spanduk disana. Kita juga ada tim menyisir dan mengangkut," ucap Kabid Kebersihan dan Pengelolaan Sampah, DLH Banjarmasin, Marzuki, Rabu, (13/10/21). 

Selain itu, pihaknya mengaku bakal berkoordinasi dengan pihak Satpol PP Banjarmasin, agar melakukan pemantauan di kawasan Nol  Km Banjarmasin. 

"Tolong kalau memang ada bisa patroli dan coba disana dilintasi. Kalau kami hanya sebatas menegur, tidak bisa menindak. Karena kawan-kawan Pol PP yang berwenang," timpalnya.

Selain sampah-sampah plastik, banyak juga ditemui sampag-sampah buangan rumah tangga yang sengaja dibuang oleh oknum warga di TPS illegal tersebur,

"Jadi dominan sampah rumah tangga seperti plastik dan botol-botol. Disinyalir ya paling orang menggunakan sepeda motor membuang. Mudahan dengan tulisan dan himbauan ini paling tidak mereka sadar agar sama-sama menjaga lingkungan," sambungnya lagi. 

Jika ada oknum yang kedapatan membuang sampah disana, pihaknya bakal melaporkan kepada Satpol PP Banjarmasin. 

"Kita laporkan. Mudah-mudahan Pol PP bisa menindak, karena itu termasuk Tindak Pidana Ringan (Tipiring)," tukasnya.

Pihaknya pun menghimbau kepada masyarakat agar tidak lagi membuang sampah di TPS ilegal tersebut. Mengingat pihaknya sudah menyiagakan bak sampah di dekat Jembatan Pasar Lama. 

"Yang ada disekitar tolong lah buang sampah pada tempatnya. Karena diujung jembatan Pasar Lama sana ada bak sampah ambrol kita. Jadi tidak ada alasan membuang disitu karena beberapa ratus meter tersedia," pungkasnya. 

rian akhmad/may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!