Opening BSF Ke 5, Walikota: Kita Angkat Warisan Budaya Banjar, Kain Sasirangan

hallobanua.com, Banjarmasin – Opening ceremony Banjarmasin Festival Sasirangan (BSF) ke 5 tahun 2021, ditandai dengan penekanan giant screen oleh Wali Kota dan Wakil Walikota bersama unsur Forkopimda, di Plaza Hotel Mercure Banjarmasin, Jumat malam (8/10/21).

Pembukaan BSF 2021 ini sendiri dilaksanakan dengan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Sejumlah undangan dan pejabat lingkup SKPD Kota Banjarmasin, turut hadir dalam event tahunan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Ibnu Sina mengungkapkan rasa syukur atas terlaksananya kegiatan tersebut. 

"Semoga dengan Opening Ceremony BSF 2021 ini, mendapatkan berkah dan ridho Allah SWT," ungkap Ibnu Sina saat sambutan.

Dikatakan Ibnu Sina, kegiatan BSF merupakan ajang mempromosikan produk kain sasirangan asli Kalimantan Selatan. 

"Kita promosikan kepada masyarakat, para wisatawan baik domestik maupun mancanegara dengan tema 'Sustainable, Empowement and Nature Sasirangan Festival," katanya. 

Tidak hanya itu, kegiatan tersebut juga merupakan upaya untuk mengangkat salah satu warisan budaya Banjar, yakni kain sasirangan. 

"Melalui inovasi-inovasi kekinian, agar kain sasirangan bisa populer dikancah dunia sebagai identitas masyarakat kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Dan, marwah kain asli Banjar ini, tetap terpelihara dan selalu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Banjarmasin," ungkapnya.

Ibnu pun berharap, dengan pelaksanaan BSF itu, dapat mengangkat budaya serta kearifan lokal,  sampai nasional hingga internasional. 

BSF ke 5 tahun 2021 dilaksanakan selama 3 hari mulai Jumat, (08/10/21) hari ini sampai tanggal 10 Oktober 2021. Berbagai acara dilaksanakan untuk memeriahkan BSF ke 5.

Opening Ceremony BSF ini turut dimeriahkan dengan performance Tommy Kaganangan dan Adies Momo tampil bersama musisi banua dari Suara Selatan Borneo (SSB). Tak kalah menarikanya, turut ditampilkan fashion show sasirangan.

BSF ke 5 tahun ini dilaksanakan secara hybrid offline dan online di 3 venue berbeda, masing-masing di outdoor mercure hotel, Atrium Dutamall dan halaman outdoor lantai 2 Duta Mall 2. 

Rian Akhmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!