Perajin Sasirangan dari Kelompok Penyandang Disabilitas Ikut Meriahkan Bazar UMKM di BSF ke 5

hallobanua.com, Banjarmasin – Dari puluhan buah stand di kegiatan expo/ Bazar UMKM dalam rangkaian memeriahkan Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke 5 tahun 2021, salah satunya diikuti oleh perajin yang tergabung dalam kelompok/ penyandang disabilitas.

Tak mau kalah bersaing, stand dari kelompok disabilitas ini ikut memerkan dan memajangkan hasil kerajinan kain sasirangan mereka.

Salah seorang penyandang disabilitas saat ditemui hallobanua.com,  terlihat  lagi asyik sendiri mendedel kain sasirangan yang ada di tangannya bersama perajin lainnya, di stand UMKM perajin kain sasirangan, purun dan lainnya. 

Dia adalah, Yoga Adihpratama atau sapaan akrabnya Yoga menceritakan tentang pengalaman dirinya sejak awal bergabung di Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar sebagai perajin kain khas Banjar tersebut. 

"Baru saja tiga hari bergabung diajak oleh Ketua Yayasan dan diajarkan oleh instruktur sasirangan dalam proses pembuatan kain sasirangan," tulis Yoga Adihpratama saat berkomunikasi dengan hallobanua.com melalui gawainya.

Meskipun baru saja tiga hari bergabung, Namun ia mengaku sudah belajar membuat berbagai motif sasirangan, salah satunya sasirangan motif Kambang Sasaki yang sedang ia kerjakan saat itu. 

"Banyak motifnya macam-macam, tapi saya agak kurang tahu apa saja karena sejauh ini masih diarahkan instruktur dalam pembuatannya," ujarnya. 

Memiliki keterbatasan nyatanya tak membuat dirinya patah semangat untuk terus melatih keahliannya dalam kerajinan sasirangan. 

Tak hanya itu, ia juga merasa senang karena memiliki kesempatan sama dengan manusia normal lainnya dalam hal ini. 

"Senang bisa bergabung dan menjadi perajin sasirangan,". 

Sementara itu, Instruktur sasirangan Anan menuturkan bahwa cukup banyak penyandang disabilitas yang tergabung dalam Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar.
 
Tim Liputan/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!