Perpustakaan Keliling Hadir Di TMMD 112 Kodim/1004 Kotabaru Dongkrak Literasi Di Pelosok

hallobanua.com, Banjarmasin - Mobil perpustakaan keliling (Pusling) milik Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kalimantan Selatan terus bergerak dalam upaya mendongkrak dunia literasi di Banua, khusunya di wilayah pelosok. 

Pusling kembali hadir di Desa Rampah Manunggul dan Desa Manunggul Baru, Kotabaru, merupakan kerjasama dengan TNI dalam misi Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 Kodim 1004/Kotabaru, sejak Rabu (29/9/2021) tadi. 

"Saya ucapkan terimakasih kepada Pusling yang telah bekerja sama untuk mendukung kegiatan TMMD ini," ucap Pasiter Kodim 1004/Kotabaru, Kapten Chb Supriyanto. 

Dia menyebut, hadirnya Pusling membawa dampak positif bagi anak-anak mengingat saat ini mereka sedang dihadapkan dengan kondisi yang kurang efektif di dunia pendidikan, akibat Pandemi Covid-19. 

"Saat ini mereka sedang beradaptasi belajar dengan menggunakan sistem online di internet. Sementara  di desa Manunggul Baru sangat kesulita jaringan internet," sebutnya. 

Menurutnya, dengan adanya Pusling anggota Satgas pun mengajak anak-anak untuk berwisata baca dan mendampingi mereka untuk menumbuhkan minat baca sejak usia dini. 

Dikatakan, warga setempat sangat bahagia dan antusias dalam menyambut kedatangan tim Pusling. 

"Tidak pernah ada kegiatan Pusling di desa tersebut apalagi mengingat desa yang di lokasi TMMD  sangat jauh aksesnya dari perpustakaan, semoga bisa sering datang ke desa ini," harapnya. 

Sementara, Kepala Dispersip Kalsel Hj Nurliani Dardie, merasa sangat senang Tim Pusling disambut baik warga khusunya anak anak di desa setempat. 

"Hal itu, tampak dari antusias anak-anak saat diajak memilih buku, terlihat jelas anak-anak warga desa  Manunggul baru begitu fokus dengan bacaan mereka masing-masing," tambah Kadis yang akrab disapa Nunung ini. 

Dky/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!