PPKM Masih Level IV, Kadinkes Banjarmasin Kecewa, Machli: Kita Siap Adu Data

Machli Riyadi, Kadinkes Kota Banjarmasin

hallobanua.com, Banjarmasin - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin Machli Riyadi menyayangkan keputusan pusat terkait Kota Banjarmasin masih ditetapkan PPKM level IV. 

Menurutnya, data-data yang ada pada Dinkes kota Banjarmasin telah dicocokkan dengan fakta di lapangan. 

"Ya tentu kita sangat menyesalkan  penetapan ini berdasarkan apa? Kesannya seolah olah kita tidak berupaya. Saya kecewa, sepertinya kinerja kita tidak dihargai, kita siap adu data," ungkap Kadinkes. 

Machli mengatakan, tidak ada data yang berbeda yang disampaikan ke pusat. Bahkan, ungkapnya, angka positifty rate Kota Banjarmasin lebih rendah dibandingkan Kabupaten lain seperti Tapin. 

"Kalau dalam penjelasannya Menko ekonomi, positifty rate kita tinggi, padahal berdasarkan data provinsi positif rate kita 2,6 sementara ada yang lebih dan jauh lebih tinggi lihat di data provinsi, yakni Tapin 10. Kenapa dia level dua Kita sudah lebih dari 50%," tukas  Machli. 

Selain itu, machli juga menyatakan, capaian testing di Ibukota Kalimantan Selatan (Kalsel) ini tertinggi dari Kabupaten Kota lainya di Kalsel. 

"Lihat data PR nya, dan capaian testing kita Banjarmasin tertinggi di Kalsel," tegasnya. 

Dengan masih ditetapkannya Banjarmasin di PPKM level IV, menurutnya berdampak kepada UMKM di Banjarmasin. 

"Penetapan PPKM ini tentu sangat berdampak. Kasihan UMKM dari sektor ekonomi sementara kasusnya sangat melandai sekali," sesal Machli 

Diketahui, dari data saat ini terkait 5 indikator leveling PPKM, jumlah kasus mingguan kota Banjarmasin dari tanggal 28 September hingga 3 Oktober ini berada pada angak 3,9 per 100 ribu penduduk. 

Selanjutnya kasus perawatan mingguan yakni diangka 2,5 per 100 ribu penduduk sedangkan Bed Occupancy Rate (BOR) atau hunian tempat tidur di rumah sakit yakni 4 persen. 

Indikator keempat yakni capaian vaksinasi yang berada pada angak 50,79 persen. Namun untuk angka vaksinasi lansia masih di 25,34 persen. 

rian akhmad/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!