PTM Terus Berjalan Seiring Dorongan Peningkatan Vaksin Pelajar

Totok Agus Daryanto, Kadisdik Kota Banjarmasin

hallobanua.com, Banjarmasin - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin, pastikan Pelaksanaan Tatap Muka (PTM) di Banjarmasin terus dilanjutkan. 

Menurut Kadisdik Banjarmasin, Totok Agus Daryanto, keputusan itu diambil sesuai instruksi Wali Kota Banjarmasin. Meskipun saat ini Kota Seribu Sungai masih PPKM level IV. 

"Sampai kemarin kita rapat terakhir bersama Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), Banjarmasin tidak ada kasus yang dilaporkan," ungkap Totok,  Kamis, (07/10/21). 

Dengan tidak ditemukan kasus baru di sekolah, hal itupun yang membuat pihaknya melanjutkan PTM usai Penilaian Tengah Semester (PTS) yang dilaksanakam sebelumnya. 

"Ya kita lanjutkan. Pertama untuk memacu target vaksinasi siswa, karena posisinya sudah diangka 50 persen. Mudahan di akhir tahun bisa sampai 70 persen,"paparnya. 

Selain itu, untuk angka vaksinasi guru tingkat SMP, sudah diangka 92 persen lebih dan guru SD sebesar 83 persen. 

"Artinya semua sekolah negeri dan swasta diperbolehkan PTM," tuturnya. 

Sampai saat ini, pelaksanaan PTM telah dilaksanakan seluruh jenjang dibawah naungan Disdik Banjarmasin. 

"Sekarang pendataan. Mungkin ada beberapa sekolah swasta yang masih belum turun. Itu kan pilihan, boleh turun boleh tidak," kata Totok. 

Disinggung masih adanya kekhawatiran orang tua siswa akan vaksinasi pelajar? Totok mengaku saat ini malah tingkat keinginan orang tua agar anaknya divaksin meningkat. 

"Diawal-awal memang rendah, seiring berjalannya waktu dan ada edukasi dari gurunya, ternyata ada peningkatan. Bahkan sampai 60 persen lebih seperti di SMPN 19," pungkasnya. 

Ia pun berharap, dengan terus berjalannya waktu dan sudah banyak siswa yang mendapatkan vaksin, tingkat kesadaran orang tua akan pentingnya vaksinasi ini semakin meningkat. 

"Mengingat ini turut menjadi peningkatan untuk herd immunity di Banjarmasin, meskipun vaksin ini masih belum menjadi kewajiban untuk siswa," tutup Totok. 

Rian akhmad/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!