100 Pesilat Remaja Bertarung di Kejuaraan Uncle Birin Cup


hallobanua.com, Kab. Banjar -  Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor membuka Kejuaraan Pencak Silat Remaja Uncle Birin Cup 2021 di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Senin (1/11/21) pagi.

Kejuaraan ini diikuti sebanyak 100 pesilat dari 20 kontingen se Kalimantan  yang berlangsung dari tanggal 1 s/d 3 Nopember 2021.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk keseriusan Pemprov Kalsel dalam menjaring dan mempersiapkan atlet pencak silat dikancah nasional khususnya PON 2024 mendatang. 

Paman Birin yang juga Ketua IPSI Kalsel berjanji akan banyak menggelar kejuaraan pencak silat untuk terus mengasah kemampuan pesilat banua.

"Kita berharap akan semakin banyak kegiatan seperti ini, untuk mengasah lagi kemampuan atlet kita,kami berpesan untuk terus berlatih," katanya. 

Paman Birin juga mengajak kaum milenial untuk mencintai seni bela diri tradisional pencak silat.

"Kita harapkan anak - anak kita kaum milenial mencintai pencak silat, saya sejak kecil, kebetulan Bapak saya guru silat juga, ilmu bela diri seperti ini bermanfaat,tapi tetap merunduk seperti padi, semakin berilmu bukan semakin sombong" katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan H Hermansyah, MM,  mengatakan, pesilat banua sangat antusias mengikuti Piala Paman Birin. 

"Ada 100 pesilat dari 20 perguruan mengikuti kegiatan ini, mereka sangat antusias usai vakum akibat pandemi Covid 19," katanya.

Menurutnya, Dispora Kalsel akan terus menggelar pertandingan sesuai harapan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor. 

"Sesuai harapan Pak Gubernur tadi, nanti bakal ada kejuaraan lagi, kompetisi berjenjang  ada pelajar, mahasiswa dan yang lainya sehingga kita memiliki banyak atlet untuk meraih prestasi di kancah nasional," katanya. 

Syh (adpim) / may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar