Aspal Terlihat Berlobang, Warga Inginkan Perbaikan Jembatan Sungai Kidaung, di Pangeran

hallobanua.com, Banjarmasin - Salah satu jembatan di Jl. Pangeran RT 12, Kelurahan Pangeran, Kecamatan Banjarmasin Utara, aspalnya terlihat berlobang dan tidak terawat. 

Hal itu tentu saja cukup membahayakan para pengendara yang melintas dikawasan tersebut. 

Warga sekitar pun inginkan perbaikan jalan di jembatan Sungai Kidaung yang menghubungkan warga RT 12 dan warga RT 23 tersebut. 

Ketua RT 12, Marsudi menjelaskan, meski sempat diperbaiki 5 tahun  yang lalu, akan tetapi kondisi jembatan kembali mengalami kerusakan. 

"Kalau bisa, kami inginnya ada perbaikan total," ucapnya kepada awak media. 
Marsudi pun berharap ada perbaikan dari dinas terkait, sebelum adanya kejadian yang tidak diinginkan atas kerusakan jembatan tersebut. 

"Saat ini beruntung tidak ada menyebabkan kecelakaan. Lebih cepat diperbaiki, itu lebih baik," inginnya. 

Dikonfirmasi terkait kerusakan jalan di jembatan tersebut, Kepala Bidang Jembatan di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Thomas Sigit Mugiarto,  berjanji bakal meninjau ke lokasi rusaknya jembatan itu. 

Ditanya apakah perbaikan bisa dilakukan setelah melakukan peninjauan? Ia tak berani memberikan kepastian untuk perbaikan jembatan tersebut. 

Namun, agar tidak mengganggu kenyamanan dan keamanan para  pengguna jalan, pihaknya bakal mengupayakan untuk dilakukan penanganan darurat. 

"Kalau sifatnya darurat, bisa memanfaatkan material bekas jembatan yang sudah kami ganti," paparnya. 

Tidak hanya itu, Dinas PUPR Kota Banjarmasin juga berencana bakal mengganti jembatan yang konstruksinya terbuat dari kayu ulin, menjadi jembatan yang lebih permanen seperti jembatan cor beton. 

Hal itu dilakukan karena saat ini sudah banyak ditemui jembatan yang konstruksinya terbuat dari kayu dan kondisinya rusak.

"Perencanaannya sudah disusun. Tapi untuk kepastian lokasi memang belum. Yang jelas kami punya program untuk jembatan kayu ulin akan diganti jembatan yang lebih permanen,"pungkasnya. 

Sementara, total jembatan di Banjarmasin saat ini yakni berjumlah 600-an buah,termasuk beton dan ada yang masih kayu ulin. 

"Yang rusak, masih kami inventarisir," tutup Thomas. 

rian akhmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar