Buruan! Kalsel Job Fair Online Sudah Dibuka, Tersedia 562 Lowongan Pekerjaan dari 51 Perusahaan

hallobanua.com, Banjarmasin – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar, didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalsel, Siswansyah,  secara resmi membuka Kalsel Job Fair Online , Selasa (23/11/21) di Galaxy Hotel Banjarmasin.

Dalam Kalsel Job Fair Online itu, sedikitnya terdapat 562 lowongan pekerjaan dari 51 perusahaan se Kalimantan Selatan.

Berbeda dengan Kalsel Job Fair sebelumnya, kali ini para pelamar terlebih dahulu mendownload aplikasi berbasis android dengan nama Job Fair Kalsel atau bisa juga mengklik http://jobfair.kalselprov.go.id/.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Propinsi Kalimantan Selatan, Siswansyah, mengungkapkan, seiring berjalan waktu, jumlah perusahaan yang membuka lowongan kerja terus meningkat.

Dikatakan Siswansyah, pelaksanaan tahunan Job Fair ini dilakukan lantaran terus bertambahnya angkatan kerja di Kalsel. Namun, angka pengangguran juga masih cukup tinggi.

“Dari jumlah penduduk Kalsel sebanyak 4,2 juta jiwa, sementara angkatan kerja Kalsel ada 2 jutaan lebih dengan kenaikan setiap tahun 2 hingga 3 persen.

Diharapkan dengan adanya job fair ini para pencari kerja yang masih belum mendapatkan pekerjaan mudah-mudahan bisa tertampung di sejumlah perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan,” ungkap Siswansyah, Selasa (23/11/21).

Sementara itu, Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar, mengungkapkan terkait program pemagangan yang selama ini dilaksanakan oleh Disnakertrans Kalsel, bahwa sekitar 90 persen dari peserta magang, mereka sudah bekerja dan ditampung di sejumlah perusahaan.

Dalam program pemagangan pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, kata Roy, telah memberikan insentif pengurangan pajak berdasarkan peraturan pemerintah nomor 45 tahun 2019 dan peraturan Menteri keuangan.

"Saya berharap program pemagangan oleh pemerintah dilanjutkan oleh perusahaan-perusahaan di Kalimantan sehingga mengurangi pengangguran," harapnya.

Selain pembukaan Kalsel Job Fair Online, kali itu juga ditutup program pemagangan berbasis pengguna oleh pemerintah yang diikuti 250 orang yang 20 orang diantaranya didanai APBD Pemprov Kalsel.

Sebelumnya, kegiatan Penutupan Program Pemagangan Dalam Negeri dan Pembukaan Kalsel Job Fair Online ini yang dilakukan secara offline dan online ini, juga diikuti oleh sekitar 45 lebih perusahaan yang ikut serta dalam program pemagangan secara daring.

Pelaksanaan Job Fair Kalsel Online dibuka hingga 1 pekan ke depan ini, diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran di Provinsi Kalimantan Selatan.

Tim Liputan/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar