Imbas Air Leding Macet, Warga Alami Gatal-gatal Lantaran Memanfaatkan Air Sungai



hallobanua.com, Banjarmasin - Air bersih PDAM yang tak mengalir di Jl. Alalak Tengah, Kelurahan Alalak Tengah, Kecamatan Banjarmasin Utara, turut berdampak terhadap kesehatan masyarakat disana. 

Salah satu warga RT. 14 ,Husna mengatakan, selama lebih sepekan distribusi air bersih terganggu, aktifitas sehari hari menggunakan air sungai. 

Akibatnya,  ia dan keluarganya mengalami ganguan kulit atau gatal-gatal. 

"Karena air mati jadi kita mandi di sungai, semakin gatal badan. Karena kan airnya tidak layak," ungkapnya saat ditemui hallobanua.com di rumahnya, Senin, (08/11/21). 

Ia mengaku, tidak mengetahui secara jelas penyebab air leding tidak mengalir sama sekali di wilayahnya. 

Ia juga sempat minta bantuan air bersih dari PDAM Bandarmasih bersama warga lainnya. Namun itu tak cukup jika digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti mandi. 

"Tiga  kali kita dapat bantuan air, tapi ya tidak cukup kalau dibawa mandi. Pas mandi di sungai, gatalan juga anak sama cucu kita," terangnya. 

Sementara itu, Sekretaris Forum Pelanggan Air Minum, Ibrahim mengakui, akibat sulitnya air bersih sekarang, mayoritas warga terpaksa menggunakan air sungai. Alhasil penyakit kulit pun mulai dialami warga. 

"Dampaknya bukan hanya dari konsumsi air saja, tapi dampak kesehatan juga dirasakan warga akhirnya dengan kondisi ini. Kalau satu atau dua hari kami masih maklum. Ini berbulan-bulan," pungkasnya. 

rian akhmad/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar