Isoter Covid-19 Tak Difungsikan Lagi

hallobanua.com, Banjarmasin - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin menarik seluruh Tenaga Kesehatan (Nakes) nya yang berada di Fasilitas Isolasi Terpusat (Isoter). 

Menurut Kadinkes Banjarmasin, Machli Riyadi, Isoter yang dibuka Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin, di Jalan Batu Besar, Kelurahan Teluk Dalam, Kecamatan Banjarmasin Tengah itu saat ini tidak lagi beroperasi. 

"Sudah Sabtu, Minggu ini nakesnya kita tarik," ungkap Machli saat meninjau vaksinasi di Kecamatan Banjarmasin Selatan, Rabu, (03/1/21). 

Penarikan nakes dari Gedung isoter yang berada di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) itu kata Machli diarahkan ke Dinkes setempat untuk membantu pelaksanaan vaksinasi. 

"Kita tarik ke dinkes untuk memperkuat vaksinasi massal karena tidak ada orang yang vaksinasi. Daripada mubazir kita kerahkan ke vaksinasi," bebernya. 

Diketahui sebelumnya, sejak 1 September lalu, tempat Isoter yang diberi nama Rumah Sehat Karantina Baiman itu berfungsi untuk warga yang terpapar Covid-19, namun tidak memiliki gejala berat. 

Machli bilang, nakes yang sebelumnya ditempatkan di Isoter juga telah dilatih untuk melaksanakan vaksinasi. 

Karena saat ini gencar-gencarnya melakukan vaksinasi, untuk mengejar target herd immunity pada 12 November nanti, tepatnya dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN). Yakni sebesar 80 persen dari total penduduk sudah tervaksin. 

Ditanya jika ada lagi lonjakan gelombang kasus Covid-19 di Kota Seribu Sungai? Machli menegaskan, pihaknya akan membuka kembali Isoter. 

"Akan kita buka lagi kalau ada lonjakan. Namun harapan kita bisa terkendali lah," tutup Machli. 

rian akhmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar