Jelang Musim Hujan, Dewan Inginkan Pemerintah Mulai Antisipasi Banjir

Isnaini, Ketua Komisi 3 DPRD Kota Banjarmasin

hallobanua.com, Banjarmasin - Memasuki musim hujan di Indonesia, perlu kiranya pemerintah dan masyarakat mewaspadai. Ancaman banjir serta timbulnya berbagai penyakit khususnya Demam Berdarah Dangue (DBD) mudah menyebar dan menyerang siapa saja. 

Apalagi pengalaman tahun lalu, hampir 80 persen warga di khususnya Banjarmasin Timur dan Selatan mengalami banjir yang cukup lama. 

Ketua Komisi III DPRD Kota Banjarmasin M.Isnaini mengungkapkan, pengalaman banjir tersebut hendaknya jadi pelajaran bagi semua. 

Pemerintah kota Banjarmasin khususnya Dinas PUPR mestinya sudah memfokuskan terhadap upaya perbaikan drainase dan normalisasi sungai. 

"Segera tuntuskan pengerukan sungai dan memfungsikan lagi kanal- kanal untuk memperlanjar aliran sungai jika terjadi pasang surut dan antisipasi banjir, "ujarnya politisi Gerindra ini. 

Ia juga menghendaki mengaktifkan lagi satgas penangan sungai karena anggota satgas merupakan warga langsung sehingga bisa memberikan informasi serta lebih memahami lingkungan tempat tinggalnya. 

Menurutnya, pada tahun ini dewan juga telah menyetujui dukungan penambahan dana untuk penanganan normalisasi sungai. 

Kepada warga, ia juga dihimbau agar dapat membantu pemerintah dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggalnya. 

"Jangan biarkan selokan macet dengan sampah, sehingga menyebabkan drainase tak lancar dan timbul penyakit, "ujar Isnaini. 

Dya/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar