Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin Ikut Mencanting Batik Samarinda


hallobanua.com, Samarinda - Canting merupakan salah satu alat yang digunakan untuk membuat karya batik tulis. Notabenenya, hal ini hanya ada di tanah Jawa. Namun, seni batik canting juga ada di Kota Samarinda.

Hal tersebut terlihat saat kegiatan Ladies Program yang diikuti oleh Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah di halaman Museum Samarinda, yang juga menjadi salah satu rangkaian acara Rapat Kerja Komisariat Wilayah V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Regional Kalimantan.

Dalam kegiatan ini, Hj Siti Wasilah ikut berbaur dengan pelaku UMKM di Kota Samarinda untuk membuat corak atau motif khas Kain Samarinda, dengan metode canting.

"Alhamdulillah, bisa ikut membuat corak di kain batik Samarinda. Sangat sulit ternyata membuat ini, jadi kita sebagai pengunjung, jangan nawar lagi harga yang mereka taruh, kalau minat beli, kalau gak sesuai budget yang cari motif yang sesuai, karena kesulitan membuat ini, inikan secara manual atau handmade." ujar isteri Wali Kota Banjarmasin.

Sebelumnya, Hj Siti Wasilah juga dikenalkan budaya Samarinda melalui penampilan tari-tarian lokal hingga fashion show, yang mengenalkan sarung Samarinda dan batik khas Samarinda hingga perpaduan busana Dayak Bugis dan Melayu serta busana Muslim.

 Sementara itu, dalam sambutannya Ketua Dekranasda Kota Samarinda Hj Rinda Wahyuni menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah ajang untuk saling bertukar informasi untuk kemajuan UMKM di daerah masing-masing.

“Bapak-bapaknya rapat kerja, kita ibu-ibunya yang juga ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan ketua TP PKK, di sini saling bertukar pikiran dan sharing informasi untuk membangun UMKM,” ucapnya.

Kegiatan ini juga diisi dengan sesi kunjungan ke Mini Expo, yang menampilkan produk khas Samarinda olahan para perajin dan pelaku UMKM dari 10 Kecamatan di Kota Samarinda.

Fandi/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar