Lama Tak Difungsikan, Pemko Kembali Gebyarkan Layanan Posyandu

hallobanua com, Banjarmasin - Setelah hampir 2 tahun lamanya tidak beroperasi karena pandemi Covid-19, layanan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Banjarmasin kembali digerakkan. 

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina mengungkapkan, layanan posyandu kali ini juga turut andil dalam menggiatkan program pemerintah, dalam  mendukung program vaksinasi pada anak berusia mulai 6 tahun. 

"Kami pastikan bahwa kader posyandu juga bisa mendorong percepatan vaksinasi," ucapnya saat membuka acara Gebyar Kader Posyandu di salah satu hotel berbintang di Banjarmasin, Senin (08/11/21). 

Pucuk pimpinan Kota seribu Sungai itu juga berharap, dengan keterlibatan kader-kader posyandu ini bisa memaksimalkan program vaksinasi di tengah masyarakat yang selama ini terus gencar dilakukan. 

"Tentunya kita berharap,  pembentukan herd immunity bisa tercapai di puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) nanti," harap Ibnu. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengungkapkan, kegiatan gebyar posyandu ini merupakan salah satu rangkaian dari peringatan HKN ke-57 tahun 2021 

"Kita akan mengupgrading kembali pengetahuan dan tupoksi  para kader posyandu karena selama ini hanya fokus pada penangan Covid-19" bebernya, Senin, (08/11/21). 

Adapun alasan pihaknya untuk kembali fokus dalam memberikan pelayanan posyandu pada masyarakat yakni karena melandainya kasus Covid-19 di Banjarmasin serta status Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berada di level 2. 

"Karena  kondisi pandemi ini pelayanan posyandu dalam diberikan imunisasi jadi kurang maksimal," ujarnya. 

Machli pun berharap, layanan posyandu tersebut sekaligus mendorong percepatan vaksinasi di Ibukota Kalimantan Selatan ini. 

Ia pun meminta seluruh kader nantinya akan turut diberdayakan untuk memberikan edukasi akan pentingnya vaksinasi di tengah masyarakat. 

"Sehingga mereka tahu tahu efek sampingnya dari vaksin dan bagaimana mengedukasi masyarakat," tutup Machli. 

rian akhmad/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar