Paman Birin Ajak Pemuda Warisi Nilai Perjuangan Divisi IV ALRI

hallobanua.com, Amuntai - Gubernur Kalimantan Selatan Dr (HC) H Sahbirin Noor mengajak para pemuda di daerahnya untuk mewarisi nilai-nilai perjuangan Pahlawan Divisi IV Pertahanan Kalimantan khususnya kesetiaan terhadap NKRI. 

Hal ini disampaikan Paman Birin saat menyampaikan sambutan pada Pelatihan Wawasan Kebangsaan dan Penguatan Ideologi Pancasila Provinsi Kalsel, secara daring di Pendopo Bupati HSU, Amuntai, Kamis (4/11/21) pagi. 

Disampaikan Paman Birin, wujud nyata kecintaan dan komitmen dalam Kalimantan yang setia terhadap Pancasila dan NKRI telah ditunjukan oleh para pendahulu dan terpatri dalam Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Tahun 1949. 

Dalam peristiwa yang dikenal dengan Proklamasi 17 Mei 1949 muncul pernyataan dan penegasan kepada rakyat  dan dunia bahwa Kalimantan Selatan menyatakan kesetiaan terhadap NKRI. 

Tekad semangat, nilai kejuangan, pantang menyerah dan rasa nasionalisme harus ditanamkan dan dilestarikan. Karena mencintai indonesia berarti mencintai pancasila. 

"Nilai-nilai perjuangan dan rasa cinta terhadap tanah air, penguatan terhadap ideologi pancasila sangat tepat dan relevan untuk kembali digaungkan, kita hidupkan dan kita tanamkan pada setiap sanubari kita," katanya. 

Perjuangan untuk negeri dan banua sebenarnya tidak pernah berakhir, selama bangsa ini masih ada,  maka tantangan dan perjuangan masih tetap ada. 

Perjuangan akan terus berlanjut meski dalam ruang, waktu dan dimensi yang berbeda. Selain untuk terus berjuang memberantas, kebodohan, kemiskinan, Pemprov Kalsel juga terus berjuang menanggulangi Covid 19. 

syh (adpim)/may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar