Petani Jeruk Batola Terima Bantuan Bibit Sinilai Rp 1,9 miliar dari Gubernur

hallobanua.com, Batola  - Guna meringankan beban petani jeruk pasca mengalami musibah banjir di Kabupaten Barito Kuala.Gubernur Kalimantan Selatan Dr (HC) H Sahbirin Noor menyerahkan bantuan bibit jeruk varietas siam banjar senilai Rp 1,9 miliar. 

Bantuan  bibit jeruk diserahkan disela Tanam Perdana Padi Perdana di desa Sampurna, Kecamatan Jejangkit, Rabu (3/11/2021) siang.  

Gubernur mengatakan, dirinya menyaksikan langsung tanaman jeruk milik petani yang mati akibat banjir. 

Melihat kondisi tersebut dirinya meminta jajaranya menganggarkan bantuan untuk menggantinya dengan bibit yang baru. 

"Mudah-mudahan ini dapat dimanfaatkan oleh petani dengan sebaik-baiknya, mudah-mudahan ini juga membawa keberkahan bagi kita semua," sebutnya. 

Sementara Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan Syamsir Rahman menerangkan, bantuan bibit jeruk siam banjar yang diberikan sebanyak 124 ribu batang atau setara dengan 624 hektar. 

Menurut Syamsir kebun jeruk milik petani memiliki fungsi yang sangat penting karena hasil dari kebun jeruk digunakan petani untuk membiayai opersional penanaman padi. 

Disampaikan Syamsir, selain Barito Kuala, Paman Birin juga membantu petani jeruk di Kabupaten Banjar sebanyak Rp 1,6 miliar. 

Turut hadir Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, Sekda Prov Kalsel Roy Rizali Anwar, Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani, dan  Seluruh Kepala SKPD lingkup Pemprov Kalsel. 

Dky/ may
Batola
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar