Pol PP Targetkan Hari Ini 36 Persil di Depan BTC Selesai Dibongkar

hallobanua.com, Banjarmasin - Sebanyak 36 persil bangunan di depan gedung Banjarmasin Trade Center (BTC), Jl. Pramuka, Km. 6 Banjarmasin Timur, kini rata dengan tanah. 

Hal itu seiring batas akhir kelonggaran yang diberikan oleh pihak kepada pemilik untuk membongkar sendiri bangunannya sesuai permintaan pemilik. 

Dari pantauan di lapangan pada Minggu, (07/11/21) pagi  petugas Satpol PP Banjarmasin melakukan pembesihan, sisa-sisa bangunan yang ada di depan gedung BTC berseberangan Terminal Tipe B Kilometer 6 tersebut. 

"Kita membersihkan sisa-sisa pembongkaran saja. Karena pada prinsipnya warga rata-rata telah membongkar sendiri bangunanya," ungkap Kepala Satpol PP dan Damkar Banjarmasin, Ahmad Muzaiyin, Minggu, (07/11/21). 

Diketahui sebelumnya bangunan yang terdiri dari persil dagangan dan loket tiket itu, secara bertahap telah dibongkar oleh pemiliknya sejak Jumat, (05/11/21) tadi. 

Ahmaf Muzaiyin, Kasat Pol PP dan Damkar Kota Banjarmasin

Dijelaskan mantan Camat Banjarmasin Timur itu, sebenarnya batas waktu yang terakhir berikan kepada warga telah berakhir pada Kamis (04/11/21) kemarin. Sesuai ketentuan Surat Peringatan (SP) 3 yang dilayangkan. 

Akan tetapi, pemilik bangunan meminta penundaan waktu sampai Sabtu (06/11/21) kemarin, agar bisa membongkar sendiri bangunan miliknya. Pihaknya pun memenuhi permintaan tersebut. 

"Ada permintaan dari warga dan organda juga penundaan waktu. Kita penuhi dan warga kooperatif. Proses pembongkaran pun berjalan kondusif," terangnya. 

Setelah proses pembongkaran ini Kata Kasatpol PP, pihaknya akan menyerahkan aset itu kepada Pemerintah Kota untuk langkah-langkah selanjutnya. Yang pasti, hari ini  lokasi tersebut sudah bersih dari bangunan-bangunan liar. 

"Tugas kita hanya melakukan penertiban menindaklanjuti hasil putusan Mahkamah Agung (MA) atas sengketa Pemko dengan pemilik BTC. Total ada 36 bangunan yang kita tertibkan, sesuai batas di bidang aset," pungkas Muzaiyin. 

rian akhmad/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar