Potensi PAD, Dewan Godok Raperda Damkar

Ketua Pansus Perda Damkar DPRD Banjarmasin Hari Kartono.

hallobanua.com, Banjarmasin – Tahun 2022, Pemadam Kebakaran (Damkar) akan menjadi satu Dinas atau SKDP. Tentunya dengan menjadi dinas tersebut, Dinas Damkar juga memiliki kewajiban untuk memberikan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Banjarmasin. 

Kini, DPRD Kota Banjarmasin melalui Panitia Khusus  (pansus) Raperda Damkar membahas potensi PAD  bagi Damkar yang nanti akan digali. 

"Raperda ini untuk merevisi perda nomor 13 tahun 2008 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran atau Perda Damkar, bertempat di ruangan paripurna, "ujar Ketua Pansus Perda Damkar DPRD Banjarmasin Hari Kartono. 

Ia mengungkapkan, revisi mengikuti atau menyesuaikan terbitnya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) yang baru.
 "Sesuai dengan amanah yang diberikan, apalagi Raperda ini inisiatif dewan untuk dijadikan produk hukum yang sah nantinya, "katanya.

Hari sapaan akrabnya menjelaskan, saat ini Banjarmasin kalau dilihat segi peralatan pemadam kebakaran Damkar Banjarmasin masih tertinggal, sementara daerah lain sudah memiliki alat yang lebih canggih. 

Sehingga melalui revisi Perda Damkar ini, diharapkan dapat meniru DKI dan Bogor yang mampu memaksimalkan regulasi itu untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)
“ PAD dari pemadam kebakaran ini yang mesti di gali. Kalau masalah peralatan memang ada yang sudah tidak layak pakai dan kita masih tertinggal dari daerah lain,”jelasnya.

Ditambahkan, Kasubbag Peraturan Perundang-undangan Pemkot Banjarmasin, Jefry Fransyah bahwa pihaknya membahas pasal pasal secara umum. 

"Kita bahas baru sampai pasal 13 dari 50 pasal, "ungkapnya.
Untuk spesifikasi yang lebih rinci tentang aturan, pihaknya akan dibahas dalam pembahasan selanjutnya dan akhirnya akan menjadi payung hukum untuk dinas terkait nantinya.

“Aturan umum dulu yang dibahas. Nanti baru aturan lain seperti swadaya masyarakat kepada pemadam yang di pertajam,”demikian kata politisi gerinda tersebut. 

Dya/ may


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar