Pulihkan Psikologis Anak, Polda Kalsel Gelar Konseling Bagi Anak Terdampak Covid 19

hallobanua.com, Banjarmasin - Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) Gelar Dukungan Psikologi Sosial Bagi Anak-anak Terdampak Covid-19, Banjir dan Difabel di Aula Mathilda Batlayeri Polda Kalsel, Selasa (02/11/21). 

Mengusung tema "Peduli Anak, Indonesia Tangguh", kegiatan dilaksanakan Biro SDM Polda Kalsel bekerja sama dengan PT Jhonlin Group dan PT Hasnur Group. 

Kegiatan tersebut bertujuan untuk pendampingan memulihkan psikologi 60 orang anak-anak yang terdampak Covid-19, banjir dan difabel, yang nantinya akan dilakukan oleh Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Wilayah Kalsel, psikologi SDM polda Kalsel dan Dinas Sosial. 

Wakapolda Kalsel, Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono mengatakan, anak-anak lebih rentan dalam dampak psikologi, mereka belum bisa memahami situasi dan kondisi, apalagi bagi anak yang kehilangan orang tua nya. 

"Anak-anak butuh kasih sayang dan perhatian, apalagi dimasa kecilnya sudah tidak ada figur yang menemani, itulah yang menjadi sasaran utama kita dalam kegiatan ini," ucapnya kepada awak media. 

Sementara itu, Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Wilayah Kalimantan Selatan Sukma menjelaskan, langkah awal untuk memulihkan kondisi psikologis akan dilakukan dengan bermain, disana akan kita pantau, kalau memang ada bermasalah maka akan kita lanjutkan ke konseling. 

"Saat bermain kita lihat seperti apa kegiatan bermainnya, kalau memang ada ciri-ciri, misalkan kondisi psikologisnya ada traumatik bisa terlihat, seperti kalau lagi bermain banyak diam, dan kami dalami apakah ada mimpi buruk atau ada kondisi yang berbeda antara sebelum dan sekarang, kalau memang ada bermasalah, maka akan kita lanjutkan ke konseling," paparnya. 

Terpisah, Perwakilan PT Jhonlin Group, Rivkall Fachruri, saat ditemui wartawan menyampaikan, dukungan Jhonlin Group dalam kegiatan ini merupakan wujud bantuan pembinaan di bidang sosial terhadap masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, banjir dan difabel, dan kali ini spesifik untuk kalangan anak-anak.  

Dalam kesempatan ini, Rivkal juga secara simbolis menyerahkan bantuan dari Jhonlin Group berupa beasiswa kepada puluhan anak-anak peserta kegiatan. 

"Beasiswa untuk anak-anak ini dari mereka sekolah dasar (SD) sampai selesai sekolah menengah akhir (SMA). Kami juga membantu melalui CSR (corporate social responsibility)," pungkasnya. 

rian akhmad/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar