Puncak HKN 2021, Pemko Banjarmasin Bakal Resmikan Ambulan Sungai

hallobanua.com, Banjarmasin – Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2021 setidaknya bakal menjadi kado manis bagi masyarakat Kota Banjarmasin. Pasalnya, di puncak peringatan HKN Jumat 12 Nopember 2021 besok, Pemko Banjarmasin akan meresmikan ambulan sungai.

Kadinkes Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengatakan,  pengadaan ambulan sungai itu, salah satu upaya untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyakarakat khususnya yang bermukim di bantaran sungai. 

"Iya nanti saat puncak HKN 12 November, Wali Kota Ibnu Sina akan melaunching secara resmi. Ini kado buat masyarakat untuk memenuhi hak layanan kesehatan," ucapnya, Rabu (10/11/21) .

Dijelaskannya, ambulan sungai nantinya akan bermarkas di dermaga RSUD Sultan Suriansyah dan beroperasional dengan sejumlah tenaga kesehatan juga dokter serta fasilitas lengkap untuk menangani  layanan kesehatan pasien. 

"Karena kita ketahui 30 persen masyarakat bermukim di bantaran sungai, jadi kalau lokasi pasien tidak bisa dijangkau lewat darat kita pakai ambulans sungai ini," terang Machi. 

Selain itu, Juru bicara Satgas Covid-19 Kota Banjarmasin itu menjelaskan dalam puncak HKN 2021 nantinya, sejumlah penghargaan juga telah disiapkan, bagi Nakes, Puskesmas, vaksinator yang berprestasi hingga ahli waris dari tenaga kesehatan yang meninggal dunia saat berjuang menangani Pandemi Covid-19. 

rian akhmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar