Setengah Bulan Tak Mengalir, Warga Alalak Tengah Keluhkan Distribusi Air PDAM

hallobanua.com, Banjarmasin - Warga di 6 RT, di Jl. Alalak Tengah, Kelurahan Alalak Tengah, Kecamatan Banjarmasin Utara, keluhkan distribusi air PDAM yang hampir 1 minggu ini tak mengalir. 

Bahkan diketahui dari beberapa bulan lalu, distribusi air dikawasan RT. 10,11,12,13,14 dan 15, tersendat hingga membuat warga disana kesulitan mendapatkan air bersih. 

Husna, salah satu warga di di RT. 14 mengungkapkan, sudah setengah bulan ini air PDAM  di rumahnya tak mengalir. 

"Lama sudah ini, katanya karena ada perbaikan. Tapi ini sudah setengah bulan  jalan airnya, bagaimana ini?," keluh perempuan 49 tahun itu. 

Ia pun mendesak agar pihak PDAM segera mengatasi permasalahan distribusi air kepelanggan  tersebut. 

"Kami minta bagaimana caranya agar PDAM bertindak. Ini yang dirugikan masyarakat di 6 RT ini," tuntutnya. 

Husna, pun mengaku sempat mencoba menyedot air menggunakan mesin pompa. Namun nihil, malah yang keluar yakni air keruh bercampur lumpur. 

“Tidak ada mengalir, kalaupun ada airnya kotor dan keruh," katanya. 

Karena kesulitan air tersebut, warga disekitar,"  ujar Husna juga sempat meminta bantuan air bersih dengan mobil tangki PDAM, untuk menunjang kebutuhan warga disana. Namun nyatanya, hal itu tidak mencukupi kebutuhan air bersih warga. 

"Kami sempat minta, tapi ya berbagi sama warga lain. Jadi dapat sedikit-sedikit. Meski dibantu air bersih, nyatanya kami tetap kesulitan air," tanyanya. 

Sementara itu, Sekretaris Forum Pelanggan Air Minum (Forpam) PDAM Bandarmasih, Iberahim menuturkan, kemacetan distribusi air dikawasan tersebut sudah kurang lebih 3 bulan lalu dirasakan warga sekitar. 

Hal itu nyatanya tidak ada solusi yang diberikan dari pihak PDAM Bandarmasih. Dampaknya  pun kembali dirasakan warga Kota Seribu Sungai. 

"Parahnya  1 minggu ini, banyak dampaknya untuk warga sekitar. Karena air PDAM ini kan selain untuk air minum, tentunya untuk keperluan mandi dan sebagainya juga," katanya. 

Jika manajemen PDAM tak bisa menyelesaikan permasalahan ini, kata dia, pihaknya bersama warga lain pun menuntut akan menggelar aksi ke Kantor PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin. 

"Kalau melihat pernyataan PDAM tadi malam, katanya tim akan turun, tapi sampai saat ini tidak ada. Ini surat pernyataan warga sudah siap sebenarnya, tapi kita toleransi dulu. Kita lihat manajemen PDAM bagaimana mengatasi permasalahan ini," tutupnya. 

rian akhmad/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar