Wagub Kaltim Buka Rakerwil V APEKSI Regional Kalimantan


hallobanua.com, Samarinda - Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) menggelar Rapat Kerja Wilayah V Region Kalimantan, mengambil tema 'Pemulihan Ekonomi di masa Pandemi Covid -19' di Ballroom Hotel Mercure Samarinda, Jumat (4/10/2021). 

Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi berkesempatan membuka Rapat Kerja tersebut, dimana merupakan tonggak istimewa bagi Kalimantan Timur. 

Sejak diumumkan oleh Presiden RI Joko Widodo pada tanggal Senin 26 Agustus 2019 di Istana Negara. Kolaborasi dan Sinergi terus digiatkan oleh Pemerintah baik di pusat maupun daerah. 

"Ketika Ibu Kota Negara (IKN) diputuskan berada di Provinsi Kalimantan Timur, semua masyarakat Kaltim mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo," ungkap Hadi Mulyadi. 

"Sinergis dan kolaborasi terus dilakukan agar ada pemerataan pembangunan di Pulau Kalimantan. Jadi kami menginginkan pembangunan bukan hanya dititik nol dan sekitarnya tapi juga harus membangun seluruh Kalimantan, "jelas Hadi. Dan, kami sudah menyampaikan langsung ke Bappenas jika Ibu Kota Negara (IKN) dibangun, tiga kota diantaranya adalah Samarinda, Balikpapan, Bontang sebagai penyangga harus juga ikut dibangun, agar pembangunan merata," urai Wagub Kaltim Hadi Mulyadi 

Hadir pada kegiatan ini Ketua APEKSI yang juga Wali Kota Bogor, Bima Arya turut hadir pada kesempatan ini juga 9 (Sembilan) Wali Kota di Pulau Kalimantan, diantaranya, H Ibnu Sina selaku Wali Kota Banjarmasin (Kalimantan Selatan) , Aditya Mufti Ariffin selaku Walikota Banjarbaru (Kalimantan Selatan), Fairid Naparin selaku Walikota Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Edi Rusdi Kamtono selaku Wali Kota Pontianak (Kalimantan Barat), Tjhai Chui Mie. 

Sebagai informasi tujuan untuk membantu anggotanya mempercepat pelaksanaan otonomi daerah dan menciptakan iklim yang kondusif bagi kerjasama antar pemerintah daerah serta merealisasikan pelaksanaan otonomi luas, nyata dan bertanggung jawab dalam ikatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan memperjuangkan kepentingan anggota untuk mencapai kesejahteraan masyarakat. 

Fandi / may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar