Wali Kota Ibnu Sina Berharap Ambulance Sungai Dapat Melayani Kesehatan Masyarakat Maksimal

hallobanua.com, Banjarmasin – Di puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2021, Pemko Banjarmasin ikut meresmikan ambulan sungai, diharapkan dapat memaksimal pelayanan kesehatan kepada warga khususnya mereka yang berdomisili di bantaran sungai.

"Hari ini juga ada yang spesial, yakni kita resmikan ambulance  sungai RSUD Sultan Suriansyah Banjarmasin," ungkap Ibnu, Jumat, (12/11/21). 

Wali Kota berharap keberadaan ambulance sungai itu siap melayani  warga Kota Banjarmasin, terutama masyarakat pinggir sungai dalam rangka pelayanan kesehatan di kota ini.

Ia juga berharap, sarana kesehatan tersebut bisa menunjang mutu kesehatan di Kota Seribu Sungai. 

"Kita gunakan disekitaran Kota Banjarmasin dulu, tapi tidak menutup kemungkinan kita bisa gunakan juga sampai Kabupaten Banjar, dan Batola. Tapi kita layani dulu di Kota Banjarmasin," pungkasnya. 

Sementara itu, Kadinkes Kota Banjarmasin, Machli Riyadi, menuturkan bahwa Ambulance Sungai tersebut sudah mulai dioperasikan sejak hari ini, tepatnya puncak peringatan HKN. 

"Saya berharap ini bisa lebih mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Mengingat warga kota Banjarmasin juga banyak tinggal di bantaran sungai," terangnya. 

Tidak hanya itu, ambulan sungai ini juga dilengkapi dengan perlengkapan medis hingga bisa melakukan pertolongan pertama langsung. 

"Ada AC, ada monitor, tabung oksigen juga ada. Fasilitas yang disediakan dipastikan nyaman sekali untuk pasien," harapnya. 
Ditanya berapa pagu anggaran untuk membuat Ambulance Sungai tersebut? Machli mengatakan  sekitar Rp 800 juta. 

"Dari APBD itu Rp 800 juta, pemenang lelang Rp 790 juta. Jadi bagi masyarakat yang membutuhkan ambulance sungai, silakan menghubungi 119. Kita layani 1x24 jam untuk masyarakat, gratis tidak dipungut," pungkasnya. 

rian akhmad/may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar