Bikin Halte Sampah, Pemkab Tala Harap Masyarakat Tertib Buang Sampah

hallobanua.com, Banjarmasin - Inovasi terus dilakukan oleh Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Tanah Laut. Salah satunya yakni dengan membangun Halte Sampah. 

Menurut Kepala DPRKPLH Tala, Ismail Fahmi, halte sampah tersebut dibangun karena masih adanya masyarakat yang masih membuang sampah bukan pada tempatnya. 

"Memang masih ada sebagian warga yang malas membuang sampah ke dalam bak. Jadi dengan Halte Sampah ini kita coba agar masyarakat disiplin dan lebih rapi," ungkap pria disapa Fahmi, saat dihubungi, Selasa, (25/01/22). 

Dikatakannya, halte sampah ini dibangun secara permanen, berwarna merah dan terlihat bersih, dan rapi dilengkapi atap pada bagian atasnya. 

Hal itu tentu membuat kesan kotor dan jorok pada TPS menjadi hilang. 

Menurutnya, halte sampah ini masih pilot project dan dibangun didepan kantor pemerintahan. 

"Harapannya halte sampah ini juga menjadi bagian dari edukasi, agar masyarakat jadi disiplin. Makanya penyebutannya agak berbeda yakni Halte Sampah," ujarnya. 

"Kami buat halte sampah dengan bagus dan bersih agar masyarakat malu membuang sampah di luar kontainer," sambungnya lagi. 

Kedepannya pun, kata Fahmi, tak menutup kemungkinan halte sampah tersebut bakal ditempatkan ditempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Tala. 

"Ini juga terus kita evaluasi, mudah-mudahan kedepanya sudah sesuai aspirasi masyarakat. Kalau bagus progresnya kita bagun di beberapa titik, tapi yang pasti di dalam kota dulu sesuai visi-misi Bupati yakni Desa Dibina, Kota Ditata," tutupnya. 

rian akhmad/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar