Mahasiswa KKN Uniska Kenalkan Program Rumah Pangan Lestari di Desa Salat Makmur Kab. Banjar

 

 Mahasiswa KKN Uniska di Desa Salat Makmur Kab. Banjar

hallobanua.com, Kabupaten Banjar – Ditengah merebaknya pandemi covid 19, tak menyurutkan sejumlah pihak untuk  memanfaatkan pekarangan rumah menjadi sebuah yang bernilai dan menghasilkan.

Salah satunya, melalui Rumah Pangan Lestari (RPL) yang dikenalkan oleh Mahasiswa Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Muhammad Arsyad Al Banjari, melalui  kegiatan program KKN-nya di Desa Salat Makmur, Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar, Minggu (13/2/22).

Adalah, Kelompok 33 mahasiswa KKN Uniska, dibawah bimbingan dosennya Arief Hidayatullah, S.Pi, MP, sebanyak 27 orang mahasiswa dari berbagai jurusan dan fakultas ini, mencoba mengenalkan program Rumah Pangan Lestari.

Sebelum melakukan kegiatan praktik, puluhan mahasiswa KKN Uniska dari Kelompok 33 diketuai oleh Aminah itu, memberikan sosialisasi tentang program Rumah Pangan Lestari, kepada para ibu-ibu rumah tangga di Desa Salat Makmur.

Bertempat di Kantor Kepala Desa, Minggu (13/2/22),  belasan ibu-ibu tampak antusias mendengarkan arahan dan penjelasan dari sejumlah mahasiswa KKN Uniska.

Diungkapkan Aminah, kelompoknya sengaja memilih tema tentang pekarangan pangan lestari di kegiatan KKN Uniska MAB tahun 2022 ini,  agar masyarakat dapat memanfaatkan lahan pekarangannya, selain dapat memperindah lingkungan juga dapat menambah penghasilan bagi masyarakat.

“Kami berharap ini dapat menjadi model dan contoh bagi lingkungan warga sekitar lainnya. Untuk dapat mengembangkan rumah pangan lestari ini cukup mudah, jika halaman rumahnya sempit bisa memanfaatkan polybag, sebaliknya jika pekarangannya luas bisa menggunakan bedengan ditutup dengan plastik,. Semua jenis tanaman seperti sayur-sayuran bisa dikembangkan, hanya cukup di pekarangan rumah saja, ” ujar Aminah.

Senada, Arief Hidayatullah, S.Pi, MP,  selaku Dosen Pembimbing KKN, mengatakan, program KKN Mahasiswa Uniska dibawah bimbinganya terdapat 2 kelompok, yakni kelompok 33 dan kelompok 34. Masing-masing kelompok diikuti sebanyak 27 orang mahasiswa.

Program Rumah Pangan Lestarikan dipraktikan mahasiswa KKN Uniska kelompok 33 di Desa Salat Makmur


Dikatakannya, setiap kelompok memiliki program kerja KKN yang berbeda. Untuk kelompok 33 mengangkat tema soal Rumah Pangan Lestari, sedangkan di kelompok 34 tentang beternak itik.

“KKN tahun ini kita berkomitmen untuk peningkatan ekonomi, lingkungan dan sosial budaya untuk ketahanan pangan. Dan kita melihat potensi ini bisa dikembangkan sehingga dapat menghasilkan penghasilan bagi masyarakat,” ungkap Arief Hidayatullah, selaku dosen sekaligus pembimbing KKN Uniska.

Sementara, Sekretaris Desa Salat Makmur, Ibenu Marwan menyambut positif kegiatan KKN mahasiswa Uniska tersebut. Ia berharap masyarakatnya dapat terbantu dengan program kerja yang dikenalkan kepada masyarakatnya.

“Kami sangat berterimakasih dengan adanya kegiatan KKN ini, mengingatkan warga kami yang tadinya tidak tahu menjadi tahu. Kegiatan ini selaras dengan program kerja kami di tingkat desa,” ujar Sekdes Salat Makmur.

Usai sosialisasi kepada masyarakat, dilanjutkan dengan kegiatan praktik di rumah –rumah warga. Salah satunya, sebagai contoh di pekarangan rumah Sekdes yang ternyata sudah mengembangkan Rumah Pangan Lestari walau pun secara sederhana.

Dalam kegiatan KKN Mahasiwa Uniska tahun 2022 di Desa Salat Makmur  ini juga turut dilakukan penyerahan bantuan buku untuk mengisi buku-buku bacaan di Perpustakaan Desa Salat Makmur yang baru saja selesai pembangunannya.

Selain itu, mahasiswa juga membantu aparat desa dalam pembagian pupuk bersubsidi kepada kelompok-kelompok tani yang ada di Desa Salat Makmur.

Tim Liputan/ may


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar