Basarnas Banjarmasin Gelar Pelatihan Teknik Pertolongan

hallobanua.com, TANAH LAUT - Kurang lebih 100 orang peserta mengikuti pelatihan teknik pertolongan di permukaan air dan teknik pertolongan di ketinggian bagi potensi SAR di Balairung Tuntung Pandang, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatany ang diselenggarakan Basarnas Banjarmasin. 

Kegiatan ini juga berlangsung selama 7 hari dari tanggal 16 sampai 22 Maret 2022. 

Dari 100 peserta tersebut dibagi menjadi dua kelas, serta unsur-unsur yang terlibat dalam kegiatan Latihan Potensi SAR 2022 ini terdiri dari TNI, POLRI, Instansi Pemerintah Daerah dan Organisasi di wilayah Kalimantan Selatan. 

Serta pelatihan ini dilaksanakan di tiga tempat, di Balai Diklat Hutan Kota Pelaihari, di Waduk Benua Tiga Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut dan di Bukit Sanghiyang Takisung Kabupaten Tanah Laut. 

Pada kesempatan itu, Bupati Tanah Laut, H Sukamta turut menyambut baik kegiatan yang bertujuan dengan hal kemanusian ini. 

"Saya sangat menyambut dan mendukung kegiatan ini, seperti kita ketahui, selain potensi musibah kecelakaan air dan musibah di ketinggian atau pegunungan, Kabupaten Tanah Laut juga merupakan daerah yang memiliki potensi bencana alam setiap tahunnya, seperti karhutla, banjir tanah longsor dan puting beliung," sambutnya. 

Selain itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, Al Amrad mengatakan, Dalam pelatihan potensi SAR tahun 2022 ini akan diberikan materi dan praktek mengenai teknik pertolongan di permukaan air dan teknik pertolongan di ketinggian yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi potensi SAR. 

"Demi terwujudnya pelayanan jasa SAR dengan kualitas respons time yang optimal, menjalin sinergi dan solidaritas antara Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin dengan potensi SAR Wilayah Kalimantan Selatan," katanya. 

Dalam kegiatan ini juga, Al Amrad berharap kepada peserta agar dapat mengaplikasikan keilmuan yang didapat selama pelatihan. 

"Untuk keperluan teknis operasional di lapangan pada saat dibutuhkan guna menangani kecelakaan dan bencana yang terjadi, sehingga pelayanan SAR yang kita berikan kepada masyarakat bisa dilaksanakan secara tepat dan optimal," tukasnya. 

Is/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar