Pemko Banjarmasin dan UNISKA Teken MOU, Ini Harapan Wali Kota


hallobanua.com, Bnjarmasin - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melaksanakan Penandatangan Kesepakatan Bersama dengan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari (MAB) pada Jumat, (11/03/22). 

Penandatanganan kerjasama langsung dilakukan oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina bersama Rektor Uniska, Prof. Abdul Malik di Aula Rapat Uniska Banjarmasin. 

Ibnu Sina mengungkapkan, penandatanganan MoU tersebut sangatlah penting untuk pembangunan sebuah kota.
Untuk itu 5 aspek dalam Penta Helix tersebut harus selalu dikerjasamakan. 

"Kita harus terus menjalankan kerjasama ini, sehingga Academic, Business, Community, Government, dan Media (ABCGM), sinergi dan kolaborasinya ini bisa berjalan dengan baik," ucap Ibnu Usai kegiatan, Jumat (11/03/22). 
Selain itu, dalam penandatanganan MoU tersebut juga dilakukan perjanjian kerjasama (PKS) antara Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja, dengan Fakultas Teknik. 

Dengan kerjasama tersebut, Wali Kota Banjarmasin itu pun berharap, pemanfaatan Balai Latihan Kerja (BLK) milik Pemko Banjarmasin bisa dipergunakan dengan sebaik-baiknya. 

"Jadi mahasiswa yang mau magang di BLK atau upaya Pemko melakukan pengembangan terhadap aspek pelayanan terhadap masyarakat bisa. Kami juga sudah melaksanakan kerja sama ini dalam bentuk Uniska menempatkan ratusan mahasiswanya untuk kuliah kerja nyata (KKN) di Kelurahan Basirih," ujar Ibnu. 

Sementara itu, Rektor Uniska Banjarmasin, Abdul Malik, mengungkapkan bahwa MoU antara Uniska dengan Pemko Banjarmasin sudah ada dari sebelumnya. 

Akan tetapi, dikarenakan jangka waktu MoU tersebut sudah habis maka pihak Uniska kembali melakukan penandatanganan MoU baru lagi. 

Otomatis, bertepatan dengan penandatanganan MoU tersebut PKS antara Pemko dengan Uniska juga bisa langsung terlaksana. 

"Tadi kita juga melakukan PKS, mudah-mudahan sinergi ini terus kita bangun. Karena dengan adanya merdeka belajar kampus merdeka mengharuskan kami ada networking. Baik dengan Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi maupun pihak swasta lainnya," terangnya. 

Rektor Uniska itu pun berharap, dengan penandatanganan MoU ini kedepannya wilayah Kota Banjarmasin bisa menjadi tujuan KKN dari Uniska. 

"Ini sebenarnya sudah kami laksanakan. Karena kami setiap semesternya ada sekitar 1.600 hingga 2.000 mahasiswa yang KKN. Tentunya kerja sama ini bisa menjadi sangat baik dalam rangka mensinergiskan antara perguruan tinggi yang ada di Banjarmasin dengan Pemko Banjarmasin," tutupnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm pemerintahan
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar