Pemko Banjarmasin Pasang 22 Titik Spot Wifi Gratis


hallobanua.com, BANJARMASIN - Sebanyak 22 titik spot wifi gratis, dengan kecepatan 100 Mbps telah dipasang oleh Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin. 

22 titik tersebut terbagi di 5 kecamatan di Kota Seribu Sungai. Seperti Siring Menara Pandang, Siring 0KM, Siring Bekantan, Taman Kamboja, Taman RPTA Banua Anyar, Kuliner Baiman, Mawarung Baimbai Sungai Jingah, dan Ruang Terbuka Jembatan Bromo. 

Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banjarmasin, Windiasti Kartika, mengatakan, pemasangan wifi gratis tersebut untuk mewujudkan transformasi digital Banjarmasin agar cepat tercapai. 

Tentunya hal tersebut sejalan dengan program nasional yakni kemajuan transformasi digital Indonesia. 

"Tujuannya ini untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat untuk mengakses berita maupun aplikasi pelayanan publik milik Pemko Banjarmasin yang kita buat," ucapnya, Jumat (08/04/22). 

Windy pun berharap, dengan masyarakat bisa mengakses wifi gratis ini, bisa meningkatkan literasi digital masyarakat. 

"Tentu ini juga bisa lebih melek terhadap kemajuan teknologi," tuturnya. 

Terkait untuk kecepatan Internet dari wifi gratis itu sendiri, Windi menyampaikan bahwa kecepatannya sekitar 100 Mbps. 

"Kalau untuk membuka yang sosmed lancar saja untuk orang banyak. Tapi untuk melakukan download file yang besar-besar mungkin tidak bisa," paparnya. 

Target kedepan, pihak Diskominfotik bakal kembali akan menambah sejumlah spot wifi gratis untuk seluruh Kota Banjarmasin. 

"Pastinya kita akan menambahkan titik wifi gratisnya, karena di Banjarmasin tidak ada Blank Spot, jadi kedepannya seluruh warga Banjarmasin bisa merasakan manfaat dari kemajuan teknologi ini," tuntasnya. 

Diketahui sebelumnya, rencana Pemko Banjarmasin memasang spot wifi gratis ini telah dicanangkan sejak tahun 2018 lalu dengan anggaran melalui APBD Pemko Banjarmasin sebesar Rp. 35 Juta untuk 10 titik pemasangan. 

Namun kini pemasangan tersebut rupanya tidak hanya untuk 10 titik. Melainkan menjadi 22 titik pemasangan di seluruh Kecamatan di Banjarmasin. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm pemerintahan
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar