Kelurahan Mantuil Prioritas Penataan Kumuh oleh Disperkim Kota Banjarmasin


hallobanua.com, BANJARMASIN - Di tahun 2022 ini, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Banjarmasin tidak hanya akan memperbaiki jalan perumahan. 

Rencananya, Disperkim juga bakal melakukan penataan dan perbaikan dikawasan kumuh di Kota Seribu Sungai. 

Kadisperkim Banjarmasin, Chandra mengungkapkan, jika hal tersebut merupakan program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) tahun 2022 melalui program prioritas penuntasan kawasan kumuh di kabupaten/kota. 

Ia bilang, setidaknya ada 4 kawasan yang diprioritaskan untuk dilakukan penataan. Diantaranya Kota Banjarmasin, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Kabupaten Banjar. 

“Untuk Kota Banjarmasin yang termasuk kawasan kumuh itu, ada di Kecamatan Banjarmasin Selatan,” ujar Chandra Kamis (12/05/22) tadi. 

Ia bilang, Pemko Banjarmasin akan fokus melakukan penataan di kawasan Kelurahan Mantuil. 

“Kita kerjakan titian yang ada dikawasan Mantuil pada tahun 2022, tahun ini berkolaborasi bersama Provinsi Kalsel,” bebernya. 

Adapun perbaikan titian di kawasan Mantuil kata Chandra, direncanakan sepanjang 800 meter. Salah satunya di Rukun Tetangga (RT) 12, 13, 23, dengan anggaran Rp5,9 Miliar. 

“Untuk Dinas provinsi melakukan perbaikan ada di RT 1 dan 2 dengan panjang 200 meter dengan anggaran Rp1,5 Miliar,” paparnya. 

Nantinya, proses lelang direncanakan pada bulan Mei tahun 2022 ini, dan diharapkan pada bulan Juni atau Juli sudah mulai dilakukan pengerjaan. 

Chandra pun mengaku, Pemko Banjarmasin menargetkan menyelesaikan program prioritas penuntasan kawasan kumuh itu pada bulan Oktober atau November tahun 2022 mendatang. 

“Besar harapan kami tentunya akan lebih meningkatkan kenyamanan infrastruktur yang ada di kawasan Mantuil,” tuntasnya. 

rian akhmad/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar