Kepolisian Lakukan Streilisasi, untuk Memberikan Rasa Aman Bagi Ummat Buddha Melaksanakan Waisak


hallobanua.com, BANJARMASIN - Memberikan rasa aman dan nyaman di perayaan Trisuci Waisak ke 2566 TB tahun 2022, Tim K-9 Dit Samapta Polda Kalsel bersama Tim Gegana Brimob Polda Kalsel melakukan sterilisasi di Vihara Dhammasoka, Jl. Pierre Tendean, pada Senin, (16/05/22). 

Dengan menurunkan seekor anjing pelacak, tim K-9 melakukan pemeriksaan di seluruh area Vihara tersebut. 

Pandita agama ummat Buddha Banjarmasin, Sarwa Dharma menuturkan, jika kegiatan pengamanan dan sterilisasi ini setiap tahun dilaksanakan. 

"Tentunya kami sangat berterima kasih. Karena perhatian itu memang ada dari Kepolisian," ungkapnya. 

Sehingga hal tersebut, membuat ummat Buddha di Kota Seribu Sungai merasa lebih aman merayakan hari raya Waisak. 

"Tentunya lebih aman. Bahkan tahun ini lebih unik dan bersemangat. Karena rasa rindu perayaan Waisak, makanya sampai lantai 2 kita tempatkan untuk daring," tuturnya. 

Sementara itu, PS Kasubnit Cakkal Unit Satwa Dit Samapta Polda Kalsel, Bripka A.F Samosir menuturkan, jika pihak tim unit satwa melakukan pemeriksaan di 2 titik. 

"Kita turunkan 10 personel yang dibagi 2 tim yakni di Vihara Dhammasoka dan Vihara Buddhayana," ujarnya. 

Dari hasil sterilisasi, Bripka Samosir mengaku tidak menemukan barang berbahaya seperti bahan peledak dan sebagainya. 

"Untuk indikasi tidak ada, untuk hasil nihil bahan peledak. Jadi tidak ada barang yang dicurigai. Untuk streilisasi berjalan aman," imbuhnya. 

Bripka Samosir pun mengatakan jika, sterilisasi ini merupakan bentuk pihak Kepolisian memberikan rasa aman kepada masyarakat. 

"Sesuai disampaikan Kapolri, ini merupakan wujud rasa aman saat beribadah. Baik umat Nasrani, Hindu, Buddha, maupun Islam," tutupnya. 

 rian akhmad/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar