Kesehatan Jemaah Calon Haji Banjarmasin Mulai Diperiksa, Penyakit Ini yang Banyak Diderita

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pemeriksaan kesehatan jemaah haji di Rumah Sakit Sultan Suriansyah oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin diikuti ratusan jemaah haji asal Kota Seribu Sungai. 

Kadinkes Banjarmasin, M Ramadhan yang turut melakukan pemantauan di lapangan mengaku, pelaksanaan pemeriksaan haji dibagi 2 tahap dari tanggal 11 sampai 18 Mei 2022. 

"Sekitar 291 jemaah haji yang melaksanakan screening pemeriksaan persiapan haji. Dan semua prosedur sebagai syarat kelengkapan naik haji," ungkapnya, Rabu, (18/05/22). 

Ramadhan menjelaskan, para calon jemaah haji itu sudah menjalani pemeriksaan selama 6 hari, tepatnya sejak tanggal 11 Mei lalu. 

"Seperti pemeriksaan di laboratorium, kimia darah, urine, rontgen, konsultasi gizi dan lain sebagainya," katanya. 

Secara umum kata dia, dari hasil pemeriksaan seluruh calon jemaah masih tak ada temuan gangguan kesehatan. Jika pun ada, hanya sebatas keluhan hipertensi, diabetes hingga ISPA. 

"Jika pun terpapar seperti itu, kami normalkan. Karena sifatnya tidak menular. Lalu, kalau ada hasil laboratoriumnya yang kurang baik, akan dilakukan pemeriksaan lanjutan," terangnya. 

Ditanya apakah berbagai keluhan itu bisa mengganggu proses ibadah haji? 

Menurutnya, pihaknya akan tetap mengupayakan pengobatan melalui dokter pendamping rombongan calon jemaah haji. Dengan begitu, segala keluhan penyakit umum itu, bisa ditanggulangi. 

"Selain melayani kesehatan, kita juga melayani konsultasi kesehatan calon jemaah haji," imbuhnya. 

Ramadhan bilang, meskipun belum diketahui secara pasti, kapan para calon jemaah haji bisa diberangkatkan, namun screening atau pemeriksaan kesehatan yang dilakukan pihaknya sudah selesai. 

"Soal layanan pemeriksaan kesehatan, para jemaah nantinya juga akan kembali menjalani pemeriksaan di embarkasi," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar