Prioritas Tanggulangi Banjir, PUPR Benahi Drainase di Banjarmasin

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pembenahan drainase kembali dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) di beberapa wilayah di Banjarmasin.

Pembenahan drainase ini merupakan skala prioritas yang dilakukan oleh Pemko Banjarmasin untuk pengendalian banjir dan penataan kawasan perkotaan. 

Menurut Kabid Drainase Dinas PUPR Banjarmasin, Hizbul Wathoni, tak hanya membenahi drainase, Pemko Banjarmasin juga membuat pedestrian untuk pejalan kaki di atasnya. 

"Contohnya di kawasan Haryono M.T depan sebuah hotel berbintang. Disana tidak hanya drainasenya dibenahi, tapi juga dibuat trotoar dengan motif yang sama seperti di seberangnya," ujarnya Rabu, (10/08/22) kemarin. 

Terkait di kawasan Haryono M.T, Ia menjelaskan bahwa, pembenahan drainase dilakukan hampir sepanjang 400 meter dengan anggaran sekitar Rp 1,1 Miliar. 

"Pengerjaannya kita lakukan sampai ke jalan Lambung Mangkurat. Kita targetkan selesai pada pertengahan Desember 2022, atau 150 hari kerja," bebernya. 

Thony menguraikan, selain di Haryono M.T,  proyek pembenahan drainase juga dilakukan di 2 kawasan lainnya, seperti di kawasan Banjar Indah dan Pandansari sampai Gunung Sari. 

"Panjang dan anggarannya bervariasi. Total  proyek di 3 kawasan itu sekitar Rp7,5 Miliar. Semuanya dibuat trotoar di atasnya untuk pejalan kaki," urainya. 

Nantinya kata dia, akan ada lagi proyek pembenahan drainase yang siap dikerjakan dalam waktu dekat, yakni di kawasan Kuripan, Cempaka Sari dan jalan Pahlawan. 

"Kita juga mau mulai proyek di 3 kawasan itu. Bahkan untuk kawasan Kuripan, kontrak pengerjaannya akan dilakukan dalam minggu-minggu ini," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya