Temuan Benda Misterius Di Al Hinduan, Disbudporapar Banjarmasin Akui Masih Tunggu Hasil Tim Ahli Cagar Budaya

hallobanua.com, BANJARMASIN - Benda diduga meriam yang tertanam di bawah Langgar Al Hinduan, di Jl. Pierre Tendean akhirnya telah terangkat. 

Penggalian dan pengangkatan dilakukan oleh pihak kontraktor pada Jumat (18/8/2023) siang. 

Dari pantauan media ini, besi itu sepintas memang terlihat seperti meriam. Akan tetapi setelah ditelaah dengan seksama, ternyata lebih mirip sambungan pipa air. 

Hal itu pun tak dipungkiri oleh Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Banjarmasin, Zulfaisal Putra, yang turun langsung memantau pengangkatan benda tersebut. 

Apakah benda itu meriam, diakuinya kini pihaknya masih menunggu hasil penelitian dari Tim Ahli Cagar Budaya Kota Banjarmasin 

"Dugaan awal memang meriam, karena ada moncongnya. Tapi kita bahagia bisa mengangkat benda yang cukup lama ini," ucapnya kepada kepada hallobanua.com 

Meski demikian, ia menyebut ada 3 kemungkinan terkait benda penemuan tersebut. Yaitu berupa dudukan meriam, keni atau sambungan pipa air hingga bagian dari kapal. 

"Tapi yang jelas, pak walikota berpesan untuk dilakukan kajian. Maka lokasi ini akan disterilkan. Apakah penggaliannya dilanjutkan atau bagaimana kita lihat nanti," tuturnya. 

Ia pun menegaskan, jika kawasan dari cagar budaya tersebut, akan dilakukan penjagaan. 

"Maka tidak boleh ada sedikitpun warga yang beraktifitas disini kecuali jalannya rehabilitasi di Langgar AL-Hinduan ini," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya