Cegah Diare Pada Anak, Dinkes Banjarmasin Telah Imunisasi RV Ribuan Anak

hallobanua.com, BANJARMASIN - Penyakit diare masih menjadi masalah kesehatan yang besar di Indonesia dan dunia.

Saat ini Diare dapat dicegah dengan Imunisasi Rotavirus (RV) secara gratis di Puskesmas atau Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Indonesia.

Di Banjarmasin sendiri, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin telah menjalankan pemberian imunisasi rotavirus sejak bulan Agustus 2023 lalu.

Menurut Kepala Dinkes Banjarmasin, Tabiun Huda, pelaksanaan pemberian imunisasi berdasarkan Kepmenkes RI Nomor HK.01.07/MENKES/1139/2022, tentang Pemberian Imunisasi Rotavirus (RV).

"Pemberian Imunisasi RV adalah Vaksin baru untuk mencegah Diare Berat pada bayi usia 2,3, dan 4 bulan dan interval minimal 4 minggu," ungkap Tabiun saat dihubungi hallobanua.com, Rabu (13/12/2023).

Ia mengungkapkan  jika Imunisasi RV diberikan sebanyak 3 dosis. Dosis pertama diberikan pada bayi usia 2 bulan, dosis kedua diberikan pada bayi usia 3 bulan dan dosis ketiga diberikan pada bayi usia 4 bulan.

"Diberikan secara oral atau tetes 0.5 ml (5 tetes) per dosisnya," beber Kadinkes.
Adapun jumlah sasaran bayi yang  diberikan Roravirus (RV) di Banjarmasin kata dia yakni sebanyak 2.640 sasaran.

"Sejak Agustus lalu, yang sudah di imunisasi RV Dosis 1 yakni 1.567 (59,36%), Dosis 2 yakni 969 (36,70%) dan Dosis 3 yaitu 325 (12,31%)," paparnya.

Imunisasi RV ini kata Tabiun dapat dilaksanakan di Posyandu dan fasilitas pelayanan kesehatan milik Pemerintah/Swasta seperti Puskesmas, RS, Klinik, praktik dokter mandiri, praktik mandiri Bidan.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya