Ditanam Hanya 4 Bulan, Padi Unggul Mekongga Siap Panen Hingga 8 Ton Lebih

hallobanua.com, BANJARMASIN - Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Karya Bersama di Kelurahan Sungai Lulut, Kecamatan Banjarmasin Timur, berhasil melakukan panen ubinan pada padi varietas unggul Mekongga.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Banjarmasin, Yuliansyah Effendi mengatakan, selama 4 bulan ditanam, hasil ubinan panen mencapai 2,8 kg per ubinan, yang setara dengan produktivitas mencapai 4,48 ton per hektare. 

Hal ini merupakan keberhasilan dari demplot padi percontohan percepatan tanam yang telah dimulai sejak tanggal tanam pada 23 November 2023 seluas 2 hektare. 

"Paling 1 atau 2 hari ini sudah siap di panen. Hasil ini sebagai usaha intesifikasi tanam yang diterapkan oleh Gapoktan Karya Bersama dan patut diapresiasi karena diluar kebiasaan tanam padi masyarakat setempat," ungkapnya ketika di hubungi hallobanua.com, Jumat (23/02/2024).

Keberhasilan panen ini juga kata dia menjadi ajang edukasi bagi petani lain di Banjarmasin Timur dan kecamatan lainnya di Banjarmasin, untuk menerapkan teknik tanam varietas unggul dan pola tanam dalam usaha tani mereka.

"Sehingga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian secara keseluruhan di wilayah ini atau IP 2," tururnya.

Kemudian atas keberhasilan itu, pihaknya menghimbau para petani untuk melakukan penanaman padi varietas ungggul ini sebanyak 2 kali dalam setahun.

"Apalagi sudah di cobakan di Kota Banjarmasin bisa menanan 2 kali," ujar Yuliansyah.

Dari hasil panen 2 hektare padi mekongga ini, setidaknya dapat menghasilkan padi sebanyak 8,96 ton.

"Kedepan kita juga berencana menanan 2 kali dalam setahun, dengan varietas unggul lain yakni Siam Madu, yang tekstur hampir sama dengan beras unus atau siam lainya. Karena agak pera bukan pulen," imbuhnya.

"Kita cobakan Insyallah tahun ini dengan bantuan Provinsi Kalsel dengan Dana Alokasi Khusus (DAK), yakni menanam sebanyak 20 hektare," pungkasnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya