KPU Banjarmasin Pastikan Besok Seluruh Pleno Tingkat Kecamatan Sudah Disingkronisasi


hallobanua.com, BANJARMASIN - Rekapitulasi suara Pemiku 2024, ditingkat kecamatan di Kota Banjarmasin sudah rampung sepenuhnya. Sementara, batas yang ditetapkan oleh jajaran KPU Kota Banjarmasin yakni pada tanggal 2 Maret 2024.

Meski begitu, diketahui baru Kecamatan Banjarmasin Tengah yang sudah menyelesaikan pleno tingkat Kecamatan.

Ketua KPU Kota Banjarmasin, Rusnaillah mengatakan, seluruh PPK di Banjarmasin berhasil menyelesaikan rekapitulasi sebelum batas waktu yang telah ditetapkan.

"Kan rekapitulasi tingkat Kecamatan itu mulai tanggal 17 Februari hingga 2 Maret 2024, Kecamatan Banjarmasin Tengah itu rekapitulasinya selesai tanggal 24 kemarin, dan tanggal 27 baru melakukan pleno karena PPK kelelahan," ungkapnya kepada awak media belum lama tadi di Kantor KPU Banjarmasin.

Sedangkan untuk Kecamatan Banjarmasin Utara dan Timur lanjut dia, telah selesai terlebih dahulu dibandingkan Kecamatan Banjarmasin Barat dan Selatan yang baru selesai Rabu (28/02/2024) malam kemarin.
 
"Ke empat Kecamatan itu belum di plenokan. Mungkin masih proses sinkronisasi dan mengumpulkan tenaga yang perlu istirahat sejenak untuk melaksanakan pleno di tingkat Kecamatan," ujarnya.

Lantas mengapa proses rekapitulasi berjalan sedikit lambat? 

Menjawab hal tersebut, Rusnaillah mengatakan bahwa proses rekapitulasi bukan tidak terlambat karena batas waktu yang ditetapkan tanggal 2 Maret.

Selain itu juga ke empat Kecamatan yang selesai di akhir karena jumlah TPS di empat Kecamatan itu terbilang jauh lebih banyak dibandingkan dengan di Banjarmasin Tengah.

"Di Banjarmasin Tengah kan hanya 277 TPS, sedangkan di Kecamatan lainnya cukup banyak, seperti Banjarmasin Timur jumlah TPS nya 364, Banjarmasin Utara 416 TPS, Banjarmasin Barat 425 TPS dan yang paling banyak di Banjarmasin Selatan dengan 458 TPS," jelasnya.

Bahkan kata dia, di Kecamatan Banjarmasin Selatan banyak yang meminta hanya sampai pukul 00.00 saja, sehingga perhitungan sedikit lambat.

"Sebenarnya mereka juga ingin cepat selesai, karena ada yang sampai pukul 03.00 tapi ada juga yang minta sampai pukul 00.00 karena melihat kondisi yang sudah cukup lelah," bebernya.

Akan tetapi, Rusnaillah memastikan pada tanggal 2 Maret 2024 mendatang seluruh hasil pleno di tingkat kecamatan sudah di singkronisasi.

Sehingga pada tanggal 3 sudah bisa dilanjutkan dengan Rekapitulasi tingkat Kabupaten/Kota.

"Pada 3 Maret malam dimulai pleno di tingkat Kabupaten atau Kota yakni Banjarmasin sampai 5 Maret. Setelah hasil rekapitulasi tingkat Kabupaten atau Kota selesai lanjut ke tingkat Provinsi," tuntasnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya