Diresmikan Wali Kota, Instalasi Farmasi Dapat Tampung Ribuan Unit Obat-obatan

 

hallobanua.com, BANJARMASIN - Ditandai dengan penandatangan prasasti dan pengguntingan untaian melati, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, resmikan Instaslasi Farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin pada Jum'at (03/06/22). 

Diketahui, gedung Instalasi farmasi tersebut selesai dibangun pada tahun lalu resmi sudah beroprasi. 

Didampingi Asisten 1 bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Dr. Machli Riyadi, bersama Kadinkes Banjarmasin, Muhammad Ramadhan, Ibnu Sina langsung meninjau gedung bernilai   hampir 6,5 miliar yang berseumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemerintah Pusat. 

Menurut Ibnu Sina, oprasional gedung penyimpanan ini sangat penting, dalam memenuhi kebutuhan obat dan berbagai vaksin, untuk mendukung mutu kesehatan masyarakat. 
"Ini sebagai salah satu fasilitas yang sudah sesuai standar, hingga dapat menyimpan banyak obat, dan mendukung kualitas yang memerlukan perlakuan khusus, seperti misalanya vaksin, agar bisa bertahan lama,"ungkapnya, Jumat, (03/05/22). 

"Jadi penyimpanan ini bisa dimanfaatkan dengan semestinya, agar stok kita menghadapi berbagai permasalahan seperti pandemi kemarin," lanjutnya. 

Terkait kapasitas gudang di Instalasi Farmasi ini dinilai mampu menampung lebih dari 1000 item obat-obatan, termasuk vaksin yang dapat disimpan sekitar 6000 vial. 

"Disini kita memiliki lahan sekitar 2,4 hektar, dan gudang 700 meter persegi, hingga ini dinilai yang terbesar di Kalsel dibanding Instalasi lain," timpal Kadinkes, Muhammad Ramadhan. 

Diketahui, selain untuk penyimpanan, fasilitas baru ini setiap hari melayani 27 puskesmas, untuk mendistribusikan kebutuhan obat-obatan dan vaksin. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya