Aplikasi Teras Data Berbagi, Mudahkan Masyarakat Mengetahui Perkembangan Kota Banajrmasin

hallobanua.com, BANJARMASIN - Dinas Komunikasi Infomatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banjarmasin resmi melaunching Aplikasi 'Teras Data Berbagi' pada, Senin (20/11/2023).

Diketahui, teras data berbagi merupakan aplikasi integrasi data sektoral tematik berbasis geospasial.

Menurut Kepala Diskominfotik Kota Banjarmasin, Windiasti Kartika, aplikasi ini sebagai strategi pengambilan keputusan dan wahana penyampaian informasi kepada publik di Kota Banjarmasin.

"Artinya ini digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan oleh pimpinan. Jadi semua itu baik kepala daerah dan kepala SKPD mengambil keputusan itu harus berbasis data," ujar Windi, Senin (20/11/2023).

Tak hanya itu, tujuan dari dilaksanakannya proyek perubahan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang aspek geografis dalam berbagai sektor.

Tentunya dengan aplikasi teras data berbagi ini, unsur pentahelix akan mendapatkan manfaatnya. Seperti Pemerintah Kota Banjarmasin tentunya dapat meningkatkan pengambilan keputusan yang lebih baik, karena berbasis data.

"Jadi potensi kesalahannya itu bisa kita minimalisir. Kemudian memudahkan perencanaan infrastruktur, pembangunan, kesehatan dan sektor lain," paparnya.

Kemudian untuk unsur swasta kata dia bisa membatu suatu perusahaan atau investor merencanakan strategi pemasaran.

"Jadi bisa membantu perusahaan untuk merencanakan strategi pemasaran, ekspansi dan diversifikasi produk dan layanan," tuturnya.

Dilanjutkannya, aplikasi ini juga bermanfaat untuk akademisi serta media. Bukan tanpa alasan, hadirnya aplikasi ini, media dapat mempermudah penyebaran informasi tentang Pemko Banjarmasin.

"Dan tentu menjadi sumber informasi untuk pengembangan pengetahuan," ujarnya.

Tak lupa, adanya aplikasi ini ujar Windi juga sangat bermanfaat untuk masyarakat. Pasalnya memberikan informasi yang kompleks dalam bentuk visual untuk pemahaman yang lebih mudah.

"Jelas dengan aplikasi ini masyarakat akan tahu hasil-hasil pembangunan di Banjarmasin," pungkasnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya