Jadi Kelompok Rentan, Nakes di Banjarmasin Dapat Vaksin Hepatitis B

hallobanua.com, BANJARMASIN - Ribuan Tenaga Kesehan (Nakes) di Kota Banjarmasin akan mendapatkan suntik vaksin hepatitis B oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin.

Diketahui, Hepatitis B merupakan infeksi hati serius yang disebabkan oleh virus hepatitis B yang mudah dicegah dengan vaksin. Penyakit ini paling sering disebarkan melalui paparan cairan tubuh yang terinfeksi.

Diungkapkan  Kadinkes Banjarmasin, Tabiun Huda, untuk tahap awal ini, vaksin hepatitis B diberikan kepada sekitar 600 nakes, yang pencanangannya dilakukan di puskesmas Sungai Andai.
"Setidaknya ada sekitar 2.000an nakes yang kita vaksin di Banjarmasin,"ucap Tabiun di Balai Kota, Senin (20/11/2023).

Ia menerangkan, nakes ini merupakan kelompok mengkhawatirkan tertular hepatitis B atau disebut penyakit kuning. 

Karena itulah, pihaknya menjadikan nakes di Kota Seribu Sungai sebagai prioritas untuk mendapatkan vaksin.

"Pasalnya, mereka masuk kategori risiko tinggi. Maka dari itu kita lakukan vaksin untuk melindungi mereka. Stok vaksin yang tersedia juga cukup," tuturnya.

Diketahui, tenaga medis dan tenaga kesehatan merupakan kelompok yang paling berisiko terpapar virus Hepatitis B.

Dari data Kementerian Kesehatan menunjukkan, prevalensi Hepatitis B pada tenaga medis dan tenaga kesehatan di Indonesia saat ini sebesar 4,7 persen. Sedangkan proporsi nakes yang memiliki antibodi anti-HBs+ sebesar 36,7 persen.

Sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk melindungi tenaga medis dan tenaga kesehatan dari penularan hepatitis B, juga sebagai upaya percepatan eliminasi hepatitis B pada tahun 2030.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya