Tampil di Inspirasi Pagi TV One, Wali Kota Ibnu Sina Paparkan Spirit Kolaborasi Kayuh Baimbai Membangun Kota Banjarmasin

hallobanua.com, BANJARMASIN - Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina tampil di program Inspirasi Pagi di TV One, Senin siang (20/11/2023). 

Dalam kesempatan itu, orang nomor 1 di Bumi Kayuh Baimbai tersebut, memaparkan keberhasilan Kota Banjarmasin di usianya ke 497 tahun. Melalui spirit Kayuh Baimbai, Baiman Adalah Kita, Kota Banjarmasin dibawah kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota H Ibnu Sina-H Arifin Noor, keduanya sukses membangun dan mewujudkan Kota Banjarmasin menjadi Kota Baiman dan Lebih Bermartabat.

Dipandu presenter Inspirasi Pagi TV One Melisa Gandasari, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina memaparkan sejumlah keberhasilan dari program kerja yang selama dua periode memimpin Kota Banjarmasin.

Dalam talkshow itu Wali Kota H Ibnu Sina menyampaikan bahwa program kerja berbasis sungai masih menjadi salah satu bagian penting untuk mewujudkan visi dan misi Baiman 2.

Dijelaskan Ibnu Sina, berbagai pencapaian-pencapaian pun telah terpenuhi, baik dari segi infrastruktur maupun sumber daya manusianya. Tak heran kata Ibnu jika kota yang memiliki slogan Kayuh Baimbai itu tumbuh pesat dengan spirit kolaborasi antara pemerintah dengan masyarakatnya.
“Di usianya ke 479 tahun ini kami sengaja mengusung tema 'baiman adalah kita', merupakan resapan implementasi dari seluruh pencapaian tersebut, berjuang bersama menyelaraskan antara pembangunan fisik dan sdm,”ungkap Ibnu Sina.

Ditambahkannya, pemerataan pembangunan ini selaras dengan dokumen rencana pembangunan jangka menengah daerah kota banjarmasin tahun 2021-2026.

Jadi, tandasnya, tidak hanya berpusat pada kawasan kota, pemerataan pembangunan juga menyasar hingga ke daerah pinggiran, sebut saja pembangunan Jembatan Bromo, dulunya terisolir, kini akses dan perputaran ekonomi bagi masyarakat pinggiran dari Kota Banjarmasin disana telah berubah,

Begitu juga dengan pembangunan infrastruktur lainnya, seperti Jembatan Patih Masih, jembatan itu menjadi jawaban untuk permasalahan arus lalu lintas serta penunjang perputaran ekonomi masyarakat setempat.

Ibnu Sina juga menyinggung soal visi dan misi Baiman 2, diantaranya pelayanan kesehatan bagi warga Kota Banjarmasin, Nyaman Untuk Berobat.

“Banjarmasin belum memiliki rumah sakit, alhamdulillah saat ini dikepemimpinan kami diperiode ke dua ini saya telah membangunkan rumah sakit dan ini sudah kita wujudkan untuk warga Kota Banjarmasin supaya nyaman berobat dan membangun 28 buah Puskesmas,” kata H Ibnu Sina.

Selain itu, Ibnu Sina juga menyampaikan visi dan program kerja nyatanya yakni, Nyaman Beusaha, melalui program pengembangan Wira Usaha Baru yang saat ini sudah terdaftar kurang lebih 3.900 peserta WUB di Kota Banjarmasin.

Dari 3.900 peserta WUB, disebutkan Ibnu Sina diseleksi menjadi wira usaha baru mandiri sebanyak 100 kemudian masuk dalam program Inkubator, kawal Inkubator memastikan bahwa para pelaku usaha di Banjarmasin menjadi pengusaha sukses dan besar di Banjarmasin.

“Kita juga memiliki program Bahuma, Bausaha Tanpa Bunga, bekerjasama dengan pihak perbankan, yakni dengan Bank Kalsel, mereka menerima modal usaha. Tahun ini kita alokasikan dimana 1 orang bisa mendapatkan pembiayaan sampai dengan Rp50 juta dan mereka boleh bergabung untuk 5 orang menjadi Kube Kelompok Usaha Bersama, jadi kalau digabung berarti 1 usaha bisa mendapatkan bantuan hingga Rp250 juta,” ungkap Ibnu Sina juga Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Kalimantan Selatan.

“Banjarmasin kota dagang dan kota jasa, maka di tiga prioritas pembangunan kita di Kota Banjarmasin yakni sungai untuk sarana transportasi, pengembangan pariwisata dan sungai juga untuk pengendali banjir. Dan, kedua Wira Usaha baru berbasis UMKM dan ekonomi kreatif dengan kehadiran Banjarmasin Creativ Hub dan ke empat program pelayanan Smart City Banjarmasin,” timpal Ibnu Sina.

Memasuki di usianya ke 497 tahun, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina juga telah berhasil mewujudkan pengembangan SDM melalui bidang pendidikan dengan sejumlah capaian kerja dan penghargaan yang sudah diraih oleh Kota Banjarmasin.

“Saya memastikan bahwa jangan sampai ada lost learning, maka dari itu untuk jenjang SD dan SMP bahkan tahun ini kita sudah kembangkan SMP berbasis bahasa Inggris,” kata Ibnu Sina.

Untuk merealisasikan program SMP berbasis Bahasa Inggris tersebut. Pemerintah Kota Banjarmasin saat ini telah menjalin kerjasama dengan Cambridge University dan mengirim sebanyak 15 orang guru-guru Bahasa Inggris agar disetiap di 35 SMP di Kota Banjarmasin memiliki standar Bahasa Inggris yang sama.

Hasilnya, kata Ibnu Sina Kota Banjarmasin selain menerima anugerah Merdeka belajar dari Kemendikbud Ristek RI juga baru-baru ini meraih penghargaan Jawara Belajar.Id dan menerima penghargaan terkait Sekolah Penggerak.

“Untuk peningkatan guru dan tenaga pendidikan maka dari itu kami komitmen untuk mengembangkan berbagai program kerja nyata. Rahasia sukses pendidikan bukan hanya di fasilitas saja namun juga di tenaga kependidikan, guru di Banjarmasin harus pintar dulu,” ujar Ibnu Sina.

Berbagai program kerja dan capaian kerja yang berhasil dilaksanakan hingga Kota Banjarmasin telah berusia 497 tahun, Ibnu Sina juga menegaskan bahwa selama ini Pemko Banjarmasin menggaungkan yang namanya Kolaborasi Penthahelix.

“Yaitu ABCGM, akademisi terlibat di dalamnya, bisnis, komuniti, citizen netizen, pemerintah kota media didalamnya juga ikut terlibat dan berperan dalam menyukseskan kolaborasi penthahelix ini guna bersama-sama mewujudkan Kota Banjarmasin menjadi Kota Baiman dan lebih bermartabat, pungkas Ibnu Sina.

Dalam bincangnya di Program Inspirasi Pagi di TV One, Ibnu Sina juga memaparkan terkait program Pelayanan Publik.

“Sesuai amanat Pak Presiden, bukan  yang besar mengalahkan yang kecil tetapi yang cepat mengalahkan yang lambat, bukan eranya lagi hari ini birokrasi terbalik berpikirnya, kalau bisa dipersulit kenapa bisa dipermudah, kalau bisa cepat jangan diperlambat,” ungkapnya.

Oleh karena itu, kata Ibnu Sina melalui Aplikasi Banjarmasin Pintar, super App yang sudah dilaunching 2 tahun terakhir ini, pelayanan Banjarmasin ada dalam satu genggaman, yang merupakan program Smart City Banjarmasin.

“Semua pelayanan terintegrasi dalam satu pelayanan yakni di Aplikasi Banjarmasin Pintar, untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat agar masyarakat yang selama ini sibuk, bisa mengunduh aplikasi itu dengan mendapatkan pelayanan terbaik dari kami,” tutur Ibnu Sina.

Ibnu Sina juga menyebut dalam hal pelayanan Smart City, di Kota Banjarmasin terdapat 178 titik CCTV yang tersebar di ruang publik yang dihsare diaplikasi Banjarmasin pintar itu, sehingga masyarakat dapat mengetahui kondisi di pusat pusat kota dan bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Sebelum mengakhiri bincang bersama TV One di program Inspirasi Pagi, Wali Kota Banjarmasin juga menyampaikan ucapan terimalkasih kepada TV One yang ikut mendukung dan mensuport Banjarmasin Baiman adalah Kita, dan kepada semua lapisan masyarakat Kota Banjarmasin.

“Ini adalah hasil pembangunan milik kita semua, usia boleh tua, tetapi denyut kehidupan kota ini tetap harus semangat,” pungkas Wali Kota H Ibnu Sina.

Penulis : maisuri
Kota Banjarmasin
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya