Tim Risk Assessment Tinjau Kantor Depot Arsip Pemprov Kalsel yang Baru.

hallobanua.com, BANJARMASIN   - Usai beberapa hari melakukan bimbingan teknis risk assessment arsip di Depo Arsip Provinsi Kalsel, tim Arsip Nasional Rapublik Indonesia (ANRI) juga meninjau Kantor Depot Arsip Pemprov Kalsel yang baru. 

Kunjungan itu dilakukan  di Kompleks Perkantoran Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan di Kota Banjarbaru. 

Meski bangunan masih belum selesai sepenuhnya, rombongan diajak berkeliling melihat ruangan dan sarana yang ada. 

Begitu pula dengan sarana prasarananya yang belum lengkap. 

“Depot arsip yang baru ini sudah memenuhi standar dan ukurannya sudah memenuhi syarat, begitu pula ruangan, hanya saja mungkin perlu dicermati mengenai kekuatan untuk lantai duanya, apakah nanti bisa dipakai untuk menempatkan beberapa lemari penyimpanan arsip,” ungkap Direktur Preservasi ANRI Drs. Agus Santoso, M.Hum., melalui siaran pers Dispersip Kalsel. 

Tidak hanya itu, ia juga memberikan masukan terkait peletakan lemari di lantai dua agar dapat diatur, hingga perlunya dibuat peta lokasi penempatan arsipnya. 

“Begitu juga untuk depot arsip yang baru, perlu juga dibuatkan peta lokasi arsipnya, agar nanti arsip-arsip yang masuk bisa ditempatkan secara rapi dan teratur, supaya nantinya arsip tersebut bisa ditemukan kembali sesuai dengan standar kearsipan apabila suatu saat diperlukan,” jelasnya. 

Sebelumnya dalam kegiatan risk assessment arsip yang dikuti lembaga kearsipan provinsi dan kabupaten/kota se-Kalsel, pihaknya juga memberikan arahan agar apa yang sudah didapatkan dapat diterapkan pada instansi masing-masing. 

“Kalaupun masih ada materi/masalah yang kurang jelas ataupun belum dipahami, dipersilakan untuk berkomunikasi lebih lanjut,” tuntasnya. 

rian akhmad/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya