Wow! Banjarmasin Dapat Penghargaan Daerah Tertib Ukur dari Kemendag RI

 
hallobanua.com, BANJARMASIN - Pemerintah Kota Banjarmasin ditetapkan sebagai salah satu Kota Tertib Ukur Tahun 2021 dari 17 Kabupaten/Kota se-Indonesia oleh Kementria Perdagang (Kemendag) RI. 

Menurut Wali Kota Bajarmasin, H Ibnu Sina, Kota Banjarmasin telah memenuhi kriteria sebagai Daerah Tertib Ukur dinilai berdasarkan beberapa aspek. 

Seperti pencapaian outcome tertib ukur, dengan indikator persentase alat ukur, alat takar, alat timbang, dan alat perlengkapan dan Barang Dalam Keadaan Terbungkus yang beredar sesuai ketentuan. 

Selain itu, ada juga aspek kelembagaan Unit Metrologi Legal dan Unit Kerja Pengawasan Kemetrologian, dengan indikator pemenuhan persyaratan manajemen dan teknis, ketertelusuran standar ukuran metrologi legal, kepatuhan pelaporan pelayanan tera dan tera ulang, tingkat pemahaman masyarakat terhadap metrologi legal. 

Terakkhir ada aspek inovasi kebijakan dan pelayanan kemetrologian, dengan indikator kegiatan atau inisiasi yang dilaksanakan untuk menciptakan pelayanan tera dan tera ulang yang
menarik, transparan, atau akuntabel. 

"Karena ukuran dan timbangan ini urusan dunia akhirat. Kalau bisa kita pastikan timbangan ini tidak dikurangi dan standarisasinya ada," ungkap Ibnu Sina. 

Pengukuran ini kata Ibnu telah dilakukan hampir seluruh bagian di Kota Seribu Sungai. Mulai dari batu dacing di pasar-pasar, hingga alat ukur digital. 

"Sampai meteran di SPBU juga kita tera. Tentunya kita bisa tertib seperti ini karena ada workshop untuk menguji alat ukur itu, sehingga kita bisa meraih penghargaan kota tertib ukur kedua kalinya," pungkasnya. 

Atas raihan tersebut, rencananya penyerahan penghargaan sebagai Daerah Tertib Ukur tahun 2021 bakal diserahkan kepada Kepala Daerah penerima dan akan diberikan secara langsung oleh Menteri Perdagangan yang, direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 28 Juli 2022. 

"Nanti penghargaan akan diserahkan langsung oleh Menteri Perdagagannya akhir bulan Juli,"tutupnya. 

Diketahui, Pemko Banjarmasin memang gencar melakukan tera. Itu karena pemko berkomitmen untuk menjaga ketertelusuran skala alat ukur suatu bahan sesuai dengan standar ukur tingkat nasional atau internasional. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya