Kemenparekraft Kunjungi AKI 2022, Sinergi Pemko Banjarmasin Bersama Kementrian Menuju Ekonomi Kreatif

hallobanua.com, BANJARMASIN- Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 digelar di Kota Banjarmasin, pada Selasa, (12/07/22). 

AKI merupakan program pengembangan ekonomi kreatif dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, melalui peningkatan kapasitas dan pameran.  

Pameran yang digelar di Atrium Duta Mall Banjarmasin itu langsung dihadiri Menparekraft Sandiaga Uno, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor serta Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina. 

"Ini tentunya akan menopang transisi Kalsel dari ekonomi ekstraktif menuju ekonomi kreatif," ungkap Sandi usai kegiatan, Selasa (12/07/22). 

Kegiatan ekonomi kreatif ini kata Sandi juga akan mampu menciptakan lapangan pekerjaan. 

"Kita akan mampu menciptakan 1,1 juta lapangan pekerjaan baru disektor wisata dan ekonomi kreatif. Dan di 2024 ada 4,4 juta lapanga kerja baru," katanya. 

Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina mengatakan, hal ini merupakan sebuah optimisme dan harapan bagi pelaku UMKM. 

Ia bilang Pemko Banjarmasin saat ini sudah bersinergi bersama pemerintah provinsi serta kementrian terkait pengembangan ekonomi kreatif. 

"Dan bahkan kita punya program Wira Usaha Baru (WUB) dan permodalan seperti Program Bahuma. Saya kira kita berada di rel yang sama degan kementrian," pungkas Ibnu. 

Diketahui dalam pameran tersebut, kementrian mengajak insan ekonomi kreatif Indonesia untuk menampilkan pesona produk kreatif dengan kearifan lokal daerah masing-masing. 

Kehadiran AKI 2022 merupakan kali kedua. Sebelumnya, Kemenparekraf telah sukses menyelenggarakan AKI 2021 di 16 kabupaten/kota se-Indonesia. 

Hadirnya kembali program AKI diharapkan akan menjadi ruang aktualisasi dalam peningkatan kapasitas dan pembangunan relasi dengan pelaku ekonomi kreatif lainnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya