Tak hanya Jembatan Sulawesi, Jembatan Tembus Mantuil Akan Dibangun Kembar

hallobanua.com, BANJARMASIN - Program pembangunan fisik Kota Banjarmasin harus merata hingga ke kawasan pinggiran. Selain fisik jalan, pembangunan jembatan di kota seribu sungai menjadi program prioritas. 

Mengingat kawasan Mantuil Banjarmasin Selatan yang dijadikan kawasan industri terpadu (KIP) maka pembangunan jembatan harus disesuaikan dengan perkembangan pembangunan di sekitarnya. 

Beberapa jembatan kayu mestinya diganti dengan jembatan permanen dan dibuat lebih lebar dari sebelumnya. 

"Salah satunya jembatan tembus mantuil yang masih ada dari kayu Ulin, satu jembatan disana akan dibangun permanen, "beber Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Banjarmasin Afrizaldi. 

Selain dibangun beton permanen, jembatan juga dirancang melengkung dan kembar seperti jembatan Sulawesi. 

Rencana tersebut sudah memasuki tahap pendataan rumah warga yang akan dibebaskan karena fisik jembatan dibuat lebih lebar. 

"Jadi nanti selain dibangun kembar maka akan ada pembebasan rumah warga juga sepanjang 15 meteran, "kata politisi PAN tersebut. 

Sementara Kepala Dinas PUPR Banjarmasin melalui Kabid Jalan dan Jembatan, Dedy Hamdani mengatakan, pembangunan jembatan tembus Mantuil merupakan sinergitas pembangunan kawasan mantuil yang dikembangkan menjadi kawasan industri terpadu. 

"Apalagi jembatan itu kayu dan berada di jalur utama maka bisa dibilang urgent dalam aktivitas keluar masuk menuju pusat kota Banjarmasin, "kata Dedy. 

Menurutnya, rencana itupun masuk sebagai program prioritas PUPR tahun 2023 yang akan dimulai pembebasan lahan di sekitar jembatan. 

"Sekarang masuk dalam proses pendataan pembebasan rumah sepanjang 15 meter, tahun 2023 bisa dibebaskan, "ujarnya. 

Dya/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya