Pasca Amblasnya Oprit Jembatan HKSN, Dinas PUPR Langsung Lakukan Perbaikan

hallobanua.com, BANJARMASIN  - Dinas PUPR Kota Banjarmasin dengan rekanan kerjanya langsung bergerak cepat untuk menindaklanjuti amblasnya oprit jembatan Patih Masih di Kuin Utara, Banjarmasin Utara langsung. 

Perbaikan yang dilakukan yakni melakukan menambalan aspal dan perbaikan besi jembatan pada Senin, (29/08/22) sore kemari. 

Dari pantauan hallobanua.com di lapangan pada Selasa (30/08/22) pagi, besi jembatan sudah tersambung dan oprit yang semula ambles telah diaspal. 

Dalam  konfrensi pers di Balai Kota Banjarmasin, Selasa (31/08.2022), Kepala Bidang Jembatan, Dedy Hamdani menerangkan bahwa, penurunan yang terjadi pada oprit jembatan tersebut masih dalam kondisi normal karena konsolidasi pemadatan struktur tanah itu. 

Ia bilang, saat ini kondisi Jembatan Patih Masih yang dikerjakan secara multi years dengan memakan anggaran APBD Kota Banjarmasin sebesar Rp 94,6 miliar tersebut oprit yang ambles itu sudah dilakukan penambalan dengan aspal. 

"Kemarin sudah kita lakukan pengerjaannya," ucapnya, Rabu, (31/08/22). 

Namun, Dedy Hamdani, tidak memungkiri bahwa masih akan terjadi penurunan selama kondisi struktur tanah bahwa masih belum padat. 

"Iya jadi masih ada kemungkinan oprit itu akan terus menurun kalau kondisi tanah bawah masih belum padat," pungkasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Suri Sudarmadiyah, mengatakan bahwa setelah serah terima berkas jembatan tersebut dari pihak kontraktor dengan PUPR Kota Banjarmasin maka hingga satu tahun kemudian, pemeliharaan masih dilakukan oleh pihak kontraktor. 

Meski demikian, menurutnya penurunan pada oprit jembatan tersebut terjadi lantaran kontur tanah di Kota Banjarmasin yang berupa tanah rawa. 

"Jadi saat ini untuk struktur tanahnya itu masih masa konsolidasi. Sampai nanti dia menemukan titik jenuhnya dan tidak akan lagi menurun," bebernya, Rabu (31/08/22). 

Oleh sebab itu kata dia, pihaknya memerlukan waktu untuk memadatkan struktur tanah tersebut. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya