Pelat Injak Diperbaiki, Jembatan Sulawesi Lancar Dilewati Pengendara

hallobanua.com, BANJARMASIN - PUPR Kota Banjarmasin telah memperbaiki pelat injak di Jembata Sulawesi 1, sebelumnya terjadi penurunan pada bagian plat injak di lintasan jembatan tersebut, hingga membuat tidak nyaman bagi pengendara saat melintas. 

Bahkan, turunnya pelat injak pada jembatan yang menghubung Kelurahan Pasar Lama dan Kelurahan Sungai Jingah itu, membuat pengendara roda 4 sulit saat melintas naik keatas karena oprit pada jembatan yang terkesan menanjak. 

Tapi saat ini, kondisi itu telah diperbaiki. Saat dilintasi, jembatan berkonsep kembar itu sudah myaman dan lebih landai. Tak ada gundukan yang diakibatkan turunnya pelat injak. 

"Sudah kami kerjakan," ucap Kepala Bidang Jembatan dan Jalan di Dinas PUPR Banjarmasin, Dedy Hamdani, Rabu (10/08/22). 

Dedy menjelaskan, adapun perbaikan pihaknya lakukah yakni lantai jembatan yang dilapisi aspal. Ia yakin, penanganan yang dilakukan bisa bertahan lama. 

"Tentu, dilihat dari konstruksi dan bebannya nanti. Apalagi nanti bila Jembatan Sulawesi II sudah selesai, tentu bebannya akan terbagi," ujarnya. 

"Sementara ini selain pelapisan aspal, di sisi jembatan yang dibenahi juga dipasangi pelindung jala agar tidak mengganggu pekerjaan di sebelahnya," lanjutnya. 

Selain itu, terlihat proyek Jembatan Sulawesi II, sudah tampak dikerjakan. Material jembatan pun sudah ada di lokasi. Khususnya, terkait tiang pancang. 

Dedy pun menjelaskan, saat ini pihaknya tengah melakukan uji pemancangan tiang jembatan. 

Di beberapa titik pun kata dia sudah dipasang spun pile atau konstruksi pondasi sebanyak lebih dari 244 spun pile. 

"Uji pemancangan dilakukan besok Kamis, (11/08/22), tes tekan bebanan. Kami coba dulu dengan kedalaman yang ada, bila sudah selesai uji beban besok, baru kami jadwalkan untuk pemancangan tiang pertama," paparnya. 

"Materialnya datang bertahap. Dipersentasikan, sekitar 20 persen. Yang kami selesaikan, di bagian sisi arah Masjid Jami Sungai Jingah terlebih dahulu," sambubgbya . 

Terkait rencana pemancangan tiang perdana, Dedy mengaku pihaknya masih menjadwalkan. 

"Karena menyelesaikan uji beban terlebih dahulu. Bila sudah siap, nantinya pemancangan tiang perdana diresmikan Wali Kota Banjarmasin. Saat ini kami masih mengkoordinasikan dengan pihak protokol," tuntas Dedy. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya