Kesadaran KB Kalsel Melebihi Persentase Nasional

hallobanua.com, BANJARMASIN - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI dr Hasto Wardoyo memberikan apresiasi positif kepada warga Kalimantan Selatan dalam mensukseskan Program Keluarga Berencana Nasional. 

"Warga Kalsel ini kesadaran KB sangat tinggi bahkan persentasenya tinggi dari nasional," ujarnya, Selasa (6/9/2022).
Hasto Wardoyo hadir dalam pencanangan pelayanan KB bersama mitra PKK, TNI, IBI Kalimantan Selatan tahun 2022 di salah satu hotel berbintang di Banjarmasin. 

Dia mengatakan, pasangan subur di Kalsel mengikuti program Keluarga Berencana (KB) mencapai 68 persen, sementara nasional itu baru 57 persen. 

Menurutnya, tidak hanya di Kalsel namun seluruh Indonesia bahwa kebanyakan program KB yang diikuti adalah kaum perempuan para istri, namun untuk pria atau para suami, di bawah 5 persen di Provinsi Kalimantan Selatan ini. 

"Persentase ini menyeluruh juga secara nasional masih di bawah 5 persen," tuturnya. 

Kendala KB pria masih sangat rendah karena pilihan alat kontrasepsinya yang hanya dua pilihan, yakni vaksektomi dan kondom. 

"Ada juga karena larangan atau terganjal ijin istri karena takut menurunkan gairah seksual, "katanya. 

Meski demikian, Dia mengapresiasi program KB di salah satu kabupaten di Kalsel, yakni, Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang meraih juara 1 nasional kategori kelompok target pelayanan KB 500--1.500 akseptor. 

Sementara, Kodim 1001/Amuntai, Hulu Sungai Utara sebagai Komando Distrik Militer (Kodim) Terbaik atas kontribusinya dalam peningkatan kesertaan KB pada pelayanan kegiatan KB dan kesehatan reproduksi tahun 2021. 

"Ini menunjukkan kemitraan untuk memajukan program KB di provinsi ini sangat baik, sehingga persentasenya cukup tinggi dari nasional," tuturnya. 

dya/may
Kalsel
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya