Bahan Baku Daur Ulang, Pemko Banjarmasin Kirim Sampah Plastik Ke Surabaya

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pemerintah Kota  (Pemko) Banjarmasin kirimkan 1 truk penuh sampah plastik ke Surabaya, Jawa Timur. 

Diketahui, sampah plastik tersebut berasal dari Bank Sampah Induk Baiman dan dikirim untuk bahan baku daur ulang menuju Pabrik Surabaya. 

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina mengatakan, 1 unit truk tersebut mengangkut sebanyak 11,7 ton plastik bahan baku daur ulang. 

"Terima kasih kepada Bank Sampah Induk Banjarmasin yang akan mengirimkan sampah yang merupakan pencacahan sampah plastik di Banjarmasin," ungkap Ibnu di Halaman Balai Kota Banjarmasin, Senin (24/10/22). 

Menurutnya hal ini merupakan prestasi yang membanggakan. Pasalnya dengan dikirim 11,7 ton sampah plastik tersebut, bisa memberikan sumbangsih untuk penguraian sampah di Kota Baiman. 

"Termasuk meningkatkan nilai ekonomi dan sirkulasi ekonomi dari proses pengolahan sampah ini," ujarnya. 

Ia pun berpesan kepada 300 lebih Bank Sampah di Kota Seribu Sungai tetap semangat untuk mengumpulkan dan memilah sampah plastik. 

"Kedepannya mudah-mudahan di Banjarmasin ada peningkatan kemampuan di Bank Sampah dan bisa mengolah biji plastik," pungkasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin, Alive Yoesfa Love menuturkan, pihaknya selalu siap bekerjasama dengan unit bank sampah di Banjarmasin untuk melakukan pemilahan sampah. 

"Sesuai jakstrada kita itu, 70 persen pengolahan 30 persen pengurangan. Ini secara bertahap kita lakukan," ujarnya. 

Dengan dikirimnya sampah ke Surabaya kata dia, tentu menambah nilai tersendiri terhadap sampah plastik di Banjarmasin. 

Penulis : rian akhmad/may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya