Torehkan Banyak Prestasi, Perbakin Kalsel Masih Belum Mendapat Lapangan Berlatih

hallobanua.com, BANJARMASIN - Meskipun Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) Kalimantan Selatan (Kalsel) tidak masuk pada cabor yang dipertandingan pada Porprov 2022  namun prestasi yang ditorehkan patut diapresiasi. 

Prestasi Perbakin Kalsel yakni,  pada ajang Kejurnas dalam ajang Haornas di Jakarta pada 25 September - 2 Oktober 2022 lalu. Hasil yang diperoleh Perbakin Kalsel antara lain 3 Emas, 3 Perak dan 1 perunggu dari berbagai kategori. 

Sekretaris Umum Perbakin Kalsel Sudirno menjelaskan bahwa Kejurnas ini sebagai ajang pra pon Aceh XXl pada 2024 nanti karena tidak ada Porprov di Kalsel. 

"Atlet Perbakin Kalsel juga telah meloloskan 4 atlet yaitu 3 org di 10 M Air Rifle putri dan 1 org di 25 M sport women dimana sebelumnya di kejuaraan anniversary Perbakin 2022 di Jakarta juga atlet yg telah lolos di pon sebanyak 8 org," terangnya. Sabtu (15/10/2022). 

Meski demikian, hal itu tidak mematahkan semangat para atlet Perbakin Kalsel untuk menorehkan prestasi dikancah daerah, provinsi, nasional, hingga  internasional. 

Selain tidak dipertandingkan dalam ajang Porprov 2022 di HSS, cabor yang telah menorehkan banyak prestasi ini, sayangnya masih belum mendapatkan tempat atau lapangan yang layak untuk mereka berlatih. 

"Tim tembak Perbakin Kalsel hanya dapat berlatih di lapangan pribadi yang bisa dikatakan jauh dari kata standar lapangan pada umumnya, " tutur Sekretaris Umum Perbakin Kalsel Sudirno. 

Ia mengungkapkan sebelum PON Papua XX 2022 silam para atlet sudah dijanjikan akan diberikan fasilitas lapangan tembak yang sesuai dengan standar dari pemerintah Kalsel, untuk mereka melakukan latihan. 

Akan tetapi hal itu nyatanya, masih belum ada kejelasan dan kepastian dari pihak pemerintah Kalsel terkait lapangan yang dijanjikan tersebut. 

"Sempat ditawarkan lapangan yang ada di kawasan Golf, Banjarbaru, namun masih kami pertimbangkan, sebab dari segi ukuran panjang dan lebarnya masih belum mencukupi untuk bisa dikatakan standar," jelasnya. 

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya juga sudah menyerahkan gambaran desain lapangan tembak yang sesuai kepada Dispora Kalsel. 

"Untuk ukuran panjang dan lebar lapangan sudah kita sampaikan ke Dispora Kalsel akan tetapi hingga saat ini masih belum ada jawaban, kemungkinan masih dalam proses," tutur Sudirno. 

Ia juga mengungkapkan, meskipun dengan kondisi lapangan pribadi yang seadanya, dan juga belum mencapai kata standar, tapi para atlet tetap semangat dan berusaha dengan baik menjalani latihan. 

Diutarakannya, para atlet tembak Kalsel juga pernah menoreh prestasi dikancah Internasional. 

"Salah satu prestasi di kancah Internasional yang berhasil kami raih pada saat Sea Games di Vietnam, atlet dari Kalsel juga berhasil meraih medali dalam mengharumkan negara Indonesia tercinta ini," ungkapnya. 

Pria yang juga menjabat sebagai Kanit Reskrim di wilayah hukum Banjarmasin Utara itu berharap, agar perihal pengadaan lapangan tembak ini bisa ada kejelasan dari pemerintah. 

"Jadi kalau ada lapangan tembak yang resmi, tim tembak Kalsel dapat berlatih dengan baik kedepannya," pungkasnya.

Kris/ may
Bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya